Bupati Sigi Pantau Perkembangan Usaha UMKM

oleh -
Bupati Sigi memantau perkembangan UMKM di Sigi. (FOTO: IST)

SIGI – Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta mengunjungi kelompok UMKM Agro Industri Pangan di Desa Lawua Kecamatan Kulawi Selatan. Kunjungan Irwan untuk melihat secara dekat hasil produk kripik pisang, olahan kelor, labu dan kripik jagung manis hasil pelatihan UMKM Malindo Luwu Utara Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu.

Moh Irwan di kesempatan itu memberikan apresiasi atas usaha kelompok UMKM, yang bisa menarik sumber daya masyarakat di desa. Hanya dia meminta usaha tersebut perlu dikembangkan lagi, serta dijaga sisi kebersihannya.

“Usaha ini sangat baik, sebab bisa menghidupkan perekonomian di desa jadi tidak perlu lagi bergantung pada bantuan pemerintah, cukup pemerintah mendukung program ini. Namun yang terpenting adalah tetap menjaga higienisnya,” kata bupati.

Terkait kekurangan alat produksi yang diusulkan oleh kelompok UMKM “Lawua Jaya”, Bupati menyarankan agar kelompok UMKM segera mengusulkan proposal lewat Dinas Sosial dan Ketenaga Kerjaan Kabupaten Sigi.

Sementara itu, anggota kolompok UMKM Lawua Jaya, Rinda Senewe bersyukur atas kunjungan Bupati Sigi Mohammad Irwan. Sebab dengan kunjungan tersebut, pemerintah tahu perkembangan usaha mereka sehingga dapat lebih dimotivasi lagi.

Lanjut Rinda, pasca pelatihan yang diikuti di Malindo Luwu Utara, kelompoknya terus melakukan pengembangan dengan membagi pengetahuan kepada warga lainnya.

“Kami bersyukur dengan program pemerintah daerah saat ini, yang mengirim kami dalam pelatihan di Malinñdo.

Pengetahuan ini juga kami ajarkan kepada warga lainnya dan hasilnya sudah kami rasakan, selama dua bulan terakhir ini kripik yang kami buat tak hanya dipasarkan di kecamatan ini saja, tapi sampai ke kabupaten kota,”ungkapnya.

Bupati Sigi Moh Irwan, juga mengunjungi sejumlah UMKM yang telah mengikuti pelatihan di Malindo Luwu Utara Sulawesi Selatan yakni, UMKM Desa Sibalaya Selatan Kecamatan Tanambulava, UMKM Desa Lambara Kecamatan Gumbasa, UMKM Desa Sibowi Kecamatan Tanambulava, dan UMKM Desa Maku Kecamatan Dolo. (Hady)