BKKBN Sulteng Kukuhkan Bupati Balut Jadi Ayah GenRe

oleh -
Bupati Balut, Sofyan Kaepa memberikan sambutan usai dilantik sebagai Ayah GenRe Balut, di Pendopo, Rumah Jabatan Bupati, di Bangga’i, akhir pekan lalu. (FOTO : dok Humas BKKBN Sulteng)

BALUT – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengukuhkan Bupati Banggai Laut (Balut), Sofyan Kaepa sebagai Ayah Generasi Berencana (GenRe) Balut, di Pendopo, Rumah Jabatan Bupati, di Bangga’i, akhir pekan lalu.

“Banggai Laut kini menjadi “gadis cantik” yang diperebutkan provinsi dan nasional. Banyak kegiatan dilaksanakan di sini,” ujarnya yang disambut tepuk tangan hadirin. Koordinator Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK) Perwakilan BKKBN Sulteng, Ruwayah mewakili kepala perwakilan untuk mengukuhkan Ayah GenRe Balut.

Selain, pengukuhan Ayah GenRe, kegiatan itu juga dirangkaian dengan Pelantikan Forum GenRe Balut Periode 2021-2022 dan Pelantikan Pengurus Saka Kencana Balut. Kegiatan ini dihadiri Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balut Mahdiani Bukamo, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Balut, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Balut, dan mitra kerja terkait.

Sofyan mengatakan, jika remaja berkumpul melaksanakan kegiatan, maka akan terhindar dari tiga hal, yaitu pernikahan dini, seks pranikah, dan Napza (narkotika, psikotropika, dan zat aditif lainnya). 

“Kalau berkumpul seperti ini tidak terjadi tiga hal yang disebutkan tadi. Tapi kalau berduaan bisa terjadi,” ujarnya. Untuk itu, ia mendorong orang tua untuk memaksimalkan perannya dalam pendidikan anak.

Katanya, 75 persen pendidikan di rumah dan sangat mempengaruhi sikap dan perilaku anak-anak. Dengan maksimalnya pendidikan di rumah, maka anak-anak terutama anak-anak perempuan tidak berkeliaran di luar rumah sampai larut malam.

“Jika ada anak-anak berkeliaran di luar rumah jam 12 malam, maka akan ditangkap dan dibawa ke kantor Satpol PP dan orang tuanya akan ditelpon untuk menjemput,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Bupati, pihaknya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Forum GenRe yang didukung BKKBN dan Dinkes PPKB karena dinilai akan membantu program Pemerintah Balut khususnya pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (banggakencana) dan menjadi penggerak remaja.

“Saya berterima kasih dan apresiasi kegiatan hari ini. Segera buat program kerja terkait tugas banggakencana dan kesehatan. Semoga dapat memotivasi remaja agar terhindar dari masalah remaja (pernikahan dini, seks pranikah, dan napza). Segera koordinasi ke saya agar ada kegiatan. Pak Sekdis (Sekretaris Dinas Kesehatan dan PPKB) tolong dibantu,” pintahnya.

Dia menambahkan, agar pramuka juga segera membuat program kerja dan melaporkan ke bupati, serta memperbaiki organisasi pramuka.

“Saya sangat bangga dan berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Balut  yang sangat antusias dalam menyukseskan Program Banggakencana terutama program GenRe,” kata Koordinator Bidang KSPK Perwakilan BKKBN Sulteng, Ruwayah membacakan sambutan tertulis Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng Maria Ernawati.

Kata Ruwayah, Berkat dukungan Bupati, maka pengukuhan Ayah GenRe Balut, pelantikan pengurus Forum GenRe Balut, dan pelantikan pengurus Saka Kencana Balut dapat terlaksana. Di Sulteng telah ada 13 Forum GenRe dan tiga saka kencana, yaitu Kabupaten Donggala, Poso, dan Balut.

Saka kencana, kata Ruwayah, adalah wadah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang kependudukan dan keluarga berencana yang dapat diterapkan pada diri, keluarga, dan lingkungan.

“Sebagai orang nomor satu di Balut, tentu Bapak Bupati sebagai ayah genre akan memberikan suntikan semangat dan menjadi inspirator bagi remaja untuk mewujudkan remaja Balut yang berkarakter, berdaya saing tanpa melupakan akar budayanya,” tutupnya. (YAMIN)