BIN Siap Gelar Vaksinasi Covid- 19 Tahap Pertama di Poso

oleh -77 Kali Dilihat

POSO – Badan Intelijen Negara (BIN), siap melaksanakan program vaksinasi covid -19 di Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, dengan melibatkan ribuan pelajar dari Sekolah Menengah Umum (SMU), Sekolah Menengah Pertama (SMP), serta masyarakat umum.

Program vaksinasi untuk yang pertama kalinya dilaksanakan untuk Wilayah Kabupaten Poso secara massal tersebut diselenggarakan secara serentak di dua lokasi yang berbeda, yaitu Poso Kota untuk pelajar dipusatkan, di halaman SMU Negeri 3 Poso, sementara untuk masyarakat umum di Pusatkan di Tentena, Pamona Puselemba, Kamis (23/9).

Brigjen TNI Ruddy Prasemilsa Mahks, M.Han selaku Direktur Sulawesi Nusa Tenggara Deputi Dalam Negeri BIN yang ditemui pada Rabu, (22/9) malam mengatakan, persiapan pelaksanan vaksinasi di dua titik berbeda itu secara keseluruhan sudah mencapai 90 persen.

Menurutnya, pemilihan Sulteng, khususnya Kabupaten Poso menjadi wilayah pelaksanaan vaksinasi massal untuk pelajar dan masyarakat umum, karena Sulteng masuk sebagai wilayah nomor dua setelah Sulawesi Selatan yang jumlah terkonfirmasi positif Covid19 yang cukup tinggi, walaupun saat ini sudah turun drastis.

“Selain BIN, program vaksinasi covid -19 ini sebelumnya telah gencar dilakukan oleh pihak TNI dan Polri, serta Pemerintah Daerah setempat, untuk itu saya meminta kepada seluruh masyarakat Poso, khusunya bagi para pelajar untuk berpartisipasi dalam menyukseskan program vaksinasi ini,” ungkap Ruddy.

Brigjen Ruddy menjelaskan, pogram vaksinasi ini akan dilaksanakan secara serentak dimana  untuk pelajar di Wilayah Poso Kota bersaudara  dengan  jumlah vaksin 3.000 dosis dan untuk masyarakat umum sebanyak 3.000 dosis akan dilaksanakan di Tentena Kecamatan,Pamona Puselemba.

Diakuinya, untuk mencapai target 3.000 pelajar yang akan menjalani vaksin, pihak BIN telah bekerjasama dengan Pemda Poso melalui dinas pendidikan dan kebudayaan, provinsi Sulteng dan  Kabupaten Poso dengan melibatkan seluruh kepala sekolah SMU dan Kepala Sekolah SMP. Sementara 3.000 dosis vaksin untuk masyarakat umum diwilayah Tentena, telah melibatkan semua unsur terkait mulai dari Camat, lurah hingga Babinsa agar bisa mengadirkan warganya di lokasi yang telah ditentukan.

” Jadi tujuan utama kita melaksanakan Vaksinasi Covid19 ini adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh, dimana manfaatnya juga untuk mengurangi tingkat keparahan bagi warga yang terpapar Covid19, dan terpenting untuk melindungi diri dan keluarga ,” ungkap.

Menariknya, Vaksinasi Covid19 yang digelar oleh BIN di Kabupaten Poso tersebut akan dipantau langsung oleh Presiden Jokowi secara virtual dari istana kepresidenan Jakarta.

Reporter : Mansur
Editor : Yamin