JAKARTA – Peningkatan jumlah kasus positif Covid-19 yang cukup signifikan menyebabkan kebutuhan akan layanan fasilitas kesehatan bagi pasien, juga besar. Di sisi lain, tingkat ketersediaan ruangan di setiap rumah sakit saat ini juga sangat terbatas.
Untuk itu, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) dalam rangkaian acara peringatan hari jadinya yang ke-65 tahun, melalui Danamon Peduli berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa, mendirikan Rumah Sakit Darurat untuk membantu penanganan pasien COVID-19.
Rumah Sakit Darurat ini didirikan di tiga rumah sakit rujukan Covid-19, yaitu RSUD Taman Sari Jakarta Barat, RSUD Budhi Asih Jakarta Timur dan Rumah Sakit Polri Sukanto.
Rumah sakit darurat ini dilengkapi juga dengan peralatan yang sesuai dengan standar rumah sakit, serta kebutuhan kesehatan darurat lainnya, seperti mesin monitor pasien, toilet portable, air conditioner portable, cairan infus, Alat Pelindung Diri (APD), paket kesehatan vitamin, kursi roda dan sarana pendukung lainnya.
Direktur Syariah & Sustainability Finance Danamon, Herry Hykmanto, menyampaikan empati yang sedalam-dalamnya, terutama bagi pasien yang terpapar Covid-19 dan keluarga yang terdampak.
“Melalui inisiatif bersama ini, kami ingin seluruh pasien yang membutuhkan penanganan medis bisa segera mendapatkan akses layanan kesehatan secara cepat dan tepat. Berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa, kami berharap rumah sakit darurat ini bisa bermanfaat bagi banyak orang dan dapat membantu pemerintah dalam penanganan kasus Covid-19 di Indonesia,” katanya, belum lama ini.
Sementara itu, Direktur CSR Dompet Dhuafa, Herdiansah, mengatakan, masih banyak masyarakat terdampak Covid-19 yang membutuhkan fasilitas kesehatan, mulai dari obat-obatan, vitamin, hingga ruang rawat inap intensif.
“Kolaborasi Danamon dengan menggandeng berbagai pihak, merupakan upaya untuk saling bahu membahu membantu banyak orang di masa pandemi ini,” katanya.
Danamon sebagai bagian dari masyarakat, juga turut berkontribusi dalam penanganan pandemi Covid-19 melalui bantuan asuransi perlindungan terhadap para relawan Covid-19, dari risiko jaminan kematian dan kecelakaan kerja. Selain itu berkolaborasi bersama Badan Nasional PenanggulanBencana (BNPB) dan BPJamsostek sebagai pengelola.
Bantuan asuransi ini meliputi biaya perawatan dan pengobatan, transportasi, Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB), santunan cacat, santunan kematian, biaya rehabilitasi, serta bantuan beasiswa.
Selama masa pandemi, Danamon secara berkesinambungan terus berupaya mendukung pemerintah dengan menyerukan gerakan kampanye “Positivity Saves Lives” yang merupakan kampanye dengan melibatkan peran nasabah dan masyarakat dalam menyediakan 11.000 APD kepada rumah sakit dan fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia yang disalurkan oleh Indonesia Kuat dan didukung oleh IkatanDokter Indonesia (IDI).
Danamon juga telah mendonasikan lebih dari Rp1 miliar melalui Benih Baik untuk mendukung pemenuhan kebutuhan pokok mitra pengemudi penyedia transportasi daring. Danamon bersama MUFG, Adira Finance, dan institusi terkait juga telah mengadakan sentra vaksinasi dengan menyalurkan lebih dari 12.500 dosis vaksin yang ditargetkan untuk pelaku UMKM, pengemudi transportasi daring, masyarakat lanjut usia, serta karyawan lini terdepan yang menghadapi nasabah dari ketiga lembaga jasa keuangan tersebut.
Selainitu, sebagai bagian dari HUT 65 Danamon juga terus berkomitmen dalam semangat kesejahteraan melalui Aksi Danamon Peduli, yang di antaranya mendukung pergerakan ekonomi melalui program Aksi Pasar Sehat dan Tangguh, serta mengadakan Aksi Air & Sanitasi Untuk Nusantara yang berupa program fasilitas sanitasi dan sumber air bersih untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di daerah yang membutuhkan.
Semangat kolaborasi ini juga mendapatkan apresiasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diberikan pada Maret lalu, berupa penghargaan sebagai lembaga usaha yang terlibat aktif dan konsisten dalam penanggulangan bencana. ***