Baznas Sigi Sosialisasi ZIS dan Pembentukan UPZ

oleh

SIGI – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sigi, terus gencar melakukan sosialisasi terkait Zakat Infaq Sedekah (ZIS) di tengah tengah masyarakat, khususnya di tingkat pemerintah desa maupun kecamatan dengan membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BAZNAS.

Ketua BAZNAS Kabupaten Sigi, As’ad Syukur mengatakan, tahun 2021 ini BAZNAS Sigi menargetkan pembentukan UPZ di 10 Kecamatan yang sekaligus pembentukan UPZ yang ada di desa desa tersebut. Hal ini dilakukan, agar pelaksanaan ZIS berjalan sesuai dengan harapan.

Ini juga sudah merupakan program BAZNAS RI, “gerakan cinta zakat” yang dicanangkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo belum lama ini.

“Keberadaan BAZNAS ini harus diketahui masyarakat dan lembaga ini dibentuk oleh pemerintah untuk menghimpun zakat infaq maupun sedekah. Mereka yang memiliki harta lebih yang disebut Muzaki, harus mengeluarkan zakatnyaml. Bagi ASN mengeluarkan zakat profesinya, demikian pula yang memiliki usaha mengeluarkan zakat penghasilan,” ungkap As’ad Syukur didampingi Wakil Ketua I Bagian Pengumpulan BAZNAS Sigi Hady Wijaya, saat sosialisasi tersebut, Rabu (23/6).

Dia menambahkan, sosialisasi ZIS telah dilaksanakan untuk Kecamatan Sigi Biromaru, dengan menghadirkan seluruh Kades, sekaligus pembentukan UPZ.

“Jadi hari Selasa kemarin BAZNAS Sigi melakukan sosialisasi ZIS yang dihadiri para Kades, dan sekaligus membentuk UPZ tingkat kecamatan dan desa, yang dibuka Heny, Kasi Kesejahteraan sosial mewakili Camat Sigi Biromaru Ruslan,” terangnya.

Hadir pula pengurus Baznas Sigi Hj. Aifha Djaelangkaran dan Ilham dan akan di tindak lanjuti sosialisasi di tingkat desa.

Reporter: Hady/Editor: Nanang