Bawaslu Poso Gelar Apel Siaga Pengawasan, Peringati Satu Tahun Menuju Pemilu Serentak 2024

oleh -

POSO – Badan Pengawas Pemilihan Umum  Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, menggelar apel siaga pengawasan dan sekaligus  melaunching komunitas digital Jarimu Awasi Pemilu dan Posko Kawal Hak Pilih.

Apel siaga yang dilaksanakan di halaman Kantor Bawaslu Poso pada Selasa (14/02) tersebut diikuti puluhan peserta dari anggota Panwascam Poso Kota Bersaudara dan Lage, serta unsur Kesekretariatan Bawaslu Poso dalam rangka peringati satu tahun pelaksanaan Pemilu Serentak pada 12 Februari 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Poso, Abdul Malik Saleh dalam sambutannya di sela-sela pelaksanaan apel mengatakan, Bawaslu Poso mendorong untuk terus melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif di jajaran pengawas yang ada di Kecamatan hingga tingkat Kelurahan dan Desa.

Menurutnya, dalam melakukan pengawasan dan penindakan harus bekerja secara pro aktif dan berkoordinasi dengan pimpinan satu tingkat di atas.

‚ÄúSosialisasi pengawasan partisipatif harus terus kita galang, apa lagi saat ini di tingkat kecamatan telah dilakukan penandatanganan MOU baik itu anti money politik, maupun kerja sama dengan kelompok-kelompok warga masyarakat,” ungkap Abdul Malik.

Dijelaskan, pada masa Pemilihan Umum serentak 2024 mendatang, komunitas digital yang berbasis aplikasi, yang nantinya dipergunakan untuk menghimpun semua informasi-informasi sekaligus juga berfungsi sebagai alat pelaporan cepat bagi masyarakat.

Diakuinya, terkait Apel Siaga Pengawasan yang digelar hari ini turut juga melaunching komunitas digital Jarimu Awasi Pemilu, dan posko Kawal Hak Pilih.

“Dengan terbentuknya Posko Kawal Hak Pilih ini bukan hanya di Bawaslu Kabupaten Poso tetapi di sekretariat Panwaslu Kecamatan se- Kabupaten Poso,yang nantinya Posko yang terbentuk akan menerima aduan warga negara yang tidak dicatat sebagai pemilih dalam Pemilu tahun 2024,” jelasnya.

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri Anggota Bawaslu Kabupaten Poso, Christian Adiputra Oruwu, Kepala Sekretariat Bawaslu Poso, Wiliam Otniel Malala bersama jajaran tenaga PNS dan PPNS Bawaslu Kabupaten Poso.Apel Siaga Pengawasan serta launching Jarimu Awasi Pemilu, dan posko Kawal Hak Pilih, berlangsung selama satu jam dari pukul 08.00 sampai 9.00 WITA ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Poso.

Reporter : Mansur
Editor : Yamin