JAKARTA – Guna membentuk ekosistem bisnis media yang sehat, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) meluncurkan agency iklan dengan bendera PT Inisiatif Digital AMSI (IDiA) di Jakarta Selatan, Rabu (23/11).

Peluncuran agency ini dilakukan di tengah acara IDC 2022 yg digelar sejak 21 November lalu.

Agency ini nantinya untuk memastikan media yang berada di dalamnya akan memberikan konten yang sehat dengan bisnis yang sehat pula.

Launching IDiA ini dihadiri pengurus pusat AMSI serta para ketua AMSI wilayah dari berbagai daerah di Indonesia.

Event bersejarah ini sekaligus memberikan nuansa kebersamaan terhadap para anggota AMSI, baik yang ada di kepengurusan pusat maupun di daerah.

Adapun susunan Komisaris PT Inisiatif Digital AMSI yakni, Komisaris Utama Wenseslaus Manggut, Komisaris Suwarjono, Irfan Junaidi, Wahyu Dhyatmika dan Maryadi.

Sementara Direktur Utama dijabat Adi Prasetya, Wakil Direktur Utama Dwi Eko Lokononto dan Direktur Ismoko Wijaya.

Ketua AMSI, Wenseslaus Manggut, mengatakan, agency yang dilaunching merupakan jalan untuk membuat ekosistem bisnis media menjadi lebih baik.

“Dari awal kita punya slogan menjadi media kita kontennya sehat dan bisnisnya sehat. Inilah bentuk realisasi dengan adanya agency yang nantinya membuat ekosistem media menjadi sehat,” terangnya.

Suka atau tidak suka, kata Wens, sapaan akrabnya, setiap media akan masuk ke dalam ekosistem di mana persaingan yang ketat. Demikian halnya dengan para brand, baik nasional maupun Internasional akan menyasar ke daerah.

“Butuh wadah dan penggerak untuk bisa mengambil brand-brand tersebut. Kita ingin brand yg sehat landing di media yang berkualitas. Untuk itu ekosistemnyq harus kita bantu,” tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini AMSI menaungi 412 media siber dari seluruh Indonesia. Tentunya, tidak bisa tunggal dalam mendapatkan bisnis bersama brand-brand tersebut.

“Sehingga agency adalah solusi untuk menaunginya. Tugas agency adalah memberikan jalan untuk menggaet brand tersebut agar landing di media yg berkualitas,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) AMSI, Wahyu Dhyatmika menambahkan, agency AMSI ini siap bekerja sama dengat berbagai pihak.

Saat ini, lanjut dia, agency sedang bekerja sama dengan internews lewat Ads For News yang menerapkan brands savety ketat.

“Jadi ada guideline yang diterapkan sehingga baik media yang dinaungi agency ini maupun brand akan berada pada ekosistem yang sehat,” terangnya.

Director Ads For News, Chris Hajecki dalam pemaparannya melalui zoom meeting, mengaku senang bekerja sama dengan AMSI melalui agency.

Hal ini, kata dia, merupakan kesempatan untuk bekerjasama dengan berbagai media lokal maupun nasional yang ada di Indonesia.

“Ads for News memiliki tujuan sederhana untuk memungkinkan merek memperkuat komunitas tempat mereka menjual dengan beriklan dengan media berita lokal tepercaya yang melaporkan komunitas tersebut,” ujarnya.

Peluncuran agency iklan ini bukan gagasan satu dua orang pengurus melainkan hasil keputusan kongres organisasi. *