Banggai Run, Berlari Sambil Menikmati Pesona Alam

oleh
Dari KIRI. Artis Ibu Kota Dimas Aditya, Race Director Pandara Sports Andreas Kansil, Kepala Biro Humas Pemprov Sulteng Ridwan Mumu, Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo, Direktur Urusan Korporasi PT Donggi-Senoro LNG Aditya Mandala dan Artis Ibu Kota Tika Bravani, saat temu media sekaligus peluncuran kegiatan Banggai Run 2017 di Palu, Kamis (08/06). (FOTO: MAL/RIFAY)

PALU – Sebuah ajang perlombaan lari jarak menengah bertajuk“Banggai Run 2017”untuk pertama kalinya akan digelar di Kabupaten Banggai, Provinsi Sulteng, 9 Juli mendatang.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai rangkaian perayaan hari jadi Kabupaten Banggai ke-58 dengan tujuan untuk mempromosikan potensi wisata daerah melalui wisata olahraga.

“Potensi alam Banggai untuk menjadi destinasi unggulan  di wilayah Indonesia Timur sangat besar. Kami berharap melalui event sport tourism Banggai Run 2017 dapat menarik wisatawan dalam dan luar negeri untuk berkunjung dan menikmati alam Banggai yang memesona,” tutur Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo saat temu media sekaligus peluncuran kegiatan Banggai Run 2017 di Palu, Kamis (08/06).

Acara peluncuran Banggai Run 2017 tersebut, turut dihadiri perwakilan sponsor Direktur Urusan Korporasi PT Donggi-Senoro LNG, Aditya Mandala, Race Director Pandara Sports Andreas Kansil sebagai pelaksana lomba dan Race Ambasador, Tika Bravani dan Dimas Aditya.

Turut hadir Kepala Biro Humas Pemprov Sulteng, Ridwan Mumu.

Banggai Run 2017 akan digelar pada 9 Juli 2017 mendatang, dengan lokasi di Jalan Trans Sulawesi ruas Luwuk-Batui, Kabupaten Banggai yang melombakan lari jarak 5 kilometer. Sejumlah kategori lomba yang dibuka yakni nasional/umum, masyarakat kabupaten Banggai, pelajar sekolah menengah atas (SMA), pelajar sekolah menengah pertama (SMP), TNI/Polri dan master atau untuk ketegori usia di atas 40 tahun.

Pendaftaran Lomba dibuka hingga 30 Juni 2017

Hadiah yang diberikan di acara ini juga sangat menarik, mencapai angka Rp389 juta.

“Kami menargetkan peserta yang terdiri dari pegiat, komunitas olahraga lari, wisatawan sekaligus pengunjung dan masyarakat umum Kabupaten Banggai dan sekitarnya untuk turut serta dalam event lari ini,”ujar Race Director Pandara Sport, Andreas Kansil sebagai pelaksana lomba.

Menurut Andreas, dalam beberapa tahun terakhir event sport tourism semakin marak dan terbukti mampu menggaet wisatawan nusantara maupun mancanegara. Sejumlah event sport tourism seperti Bali Marathon dan Tour de Singkarak bahkan telah menjadi ajang tahunan yang ditunggu-tunggu.

Inisiatif promosi wisata melalui olah raga itu mendapat dukungan dari berbagai pihak dan sponsor.

Direktur Urusan Korporasi PT Donggi-Senoro LNG Aditya Mandala mengemukakan event sport tourism semacam Banggai Run sangat tepat untuk memperkenalkan potensi alam Kabupaten Banggai yang memiliki lanskap pesisir pantai hingga pegunungan.

“Kami berharap kegiatan ini bisa mendukung pula target pemerintah untuk memperbanyak kunjungan wisatawan, selain mendukung kemajuan pembangunan daerah,” ujar Aditya. (RIFAY)

Donasi Bencana Sulbar