PALU – Dalam upaya memperkuat komitmen untuk memberikan pelayanan publik yang prima, Kantor Wilayah Kementerian Hukum Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkum Sulteng) melakukan audiensi bersama Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Sulawesi Tengah.
Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kanwil Kemenkum Sulteng, Rakhmat Renaldy, didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Nur Ainun, Kepala Bagian Tata Usaha dan Umum, Muhammad Wahab Marawalil, serta Pejabat Fungsional Madya, Muhammad Said, tim disambut langsung oleh Kepala Perwakilan ORI Sulteng, Iqbal Andi Mangga, beserta timnya di Kantor ORI Sulteng, Jl. Dr. Wahidin, Kota Palu, Sulteng, Senin (20/1).
Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak membahas strategi peningkatan pelayanan publik di lingkungan Kanwil Kemenkum Sulteng. Rakhmat Renaldy menegaskan bahwa pelayanan publik yang transparan, cepat, dan responsif merupakan prioritas utama dalam pelaksanaan tugas dan fungsi kementerian.
“Kami menyadari pentingnya sinergi dengan Ombudsman untuk memastikan pelayanan publik yang kami berikan sesuai dengan standar diharapkan masyarakat. Kolaborasi ini menjadi pondasi bagi peningkatan kualitas pelayanan di Kanwil Kemenkum Sulteng,” ujarnya.
Sementara, Kepala Perwakilan ORI Sulteng menyampaikan apresiasinya atas inisiatif Kanwil Kemenkum Sulteng dalam menjalin audiensi terrsebut.
Apalagi, menurutnya, kolaborasi antar keduanya telah berjalan dengan sangat baik.
“Kami mendukung penuh upaya Kemenkum Sulteng untuk terus memperbaiki pelayanan publik. Ombudsman siap memberikan masukan dan pendampingan untuk menciptakan birokrasi bersih, melayani, dan bebas dari maladministrasi,” katanya.
Dalam diskusi tersebut, beberapa isu strategis menjadi fokus bersama meliputi penanganan pengaduan masyarakat, peningkatan standar pelayanan, kolaborasi dalam pencegahan maladministrasi hingga penguatan pembangunan zona integritas.
Di akhir pertemuan, kedua belah pihak sepakat untuk menjalin komunikasi lebih intensif dan membentuk forum diskusi berkala guna mengevaluasi progres telah dicapai. Rakhmat Renaldy mengungkapkan harapannya agar sinergi tersebut dapat menjadi model kolaborasi efektif bagi instansi pemerintah lainnya.
“Kami berharap audiensi ini menjadi awal dari kerja sama berkelanjutan dalam memberikan pelayanan publik semakin baik. Bersama Ombudsman, kami optimis dapat mewujudkan birokrasi yang responsif, efisien, dan bebas dari praktik tidak sesuai aturan,”katanya.
Reporter : **/IKRAM