Arus Balik, Pemberangkatan di Terminal Mamboro Meningkat

oleh
ilustrasi

PALU – Paska lebaran hingga hari ini, terjadi peningkatan arus pemberangkatan penumpang di terminal Mamboro, dengan berbagai daerah tujuan baik menggunakan bus maupun travel.

“Setiap harinya sekitar 50 bus dan travel berangkat dari terminal Mamboro dengan daerah tujuan seperti Manado, Gorontalo, Toraja, Poso, Morowali, Luwuk, Tentena, Touna. Normalnya biasa hanya sekitar 30 unit kenderaan yang berangkat,” kata Metty salah satu petugas Dishub Kota Palu di Terminal Mamboro, Ahad (2/7).

Metty mengatakan, sejak pagi dari jam 08.27 Wita sampai 15.00 wita, sore sekitar 55 unit kendaraan berangkat keluar Kota Palu menggunakan bus dan travel seperti PO. Rappan, Pamona Raya, Ketty, New Armada, Mandiri Pratama, Alugoro dan Lorena.

Sementara Agung salah satu petugas Dishub pada pintu masuk terminal mengatakan, dari pagi sampai sore ini bus dan travel tiba di terminal, terdapat enam unit kendaraan seperti PO Harvest, Tiga Berlian dan New Armada.

Agung menyampaikan, adanya libur panjang, arus balik tidak terlalu nampak, apalagi ditambah anak-anak sekolah masih libur panjang.

Agung menambahkan, mungkin untuk puncak arus baliknya pada dini hari, karena semua bus dan travel dari berbagai daerah akan masuk di terminal.

Nasrudin salah satu ojek mangkal di terminal mengatakan, pada dini hari bus dari Gorontalo seperti PO Hasanah dan Imam Stanleis dan travel baru masuk terminal Mamboro.

Sementara situasi terminal Tipo , pada Sabtu (1/7) terpantau  terllihat normal, hanya ada beberapa mobil rental dan bus datang dari Sulawesi Selatan menurunkan penumpangnya.

Idris L salah satu petugas Dishub mengatakan, pihak terminal Tipo juga memberikan pelayanan kesehatan gratis baik bagi penumpang akan berangkat ataupun tiba dari luar Kota Palu.

“Hanya saja jam pelayanan kesehatanya dari jam 08.00 wita sampai jam 12.00 wita,” imbuhnya. (IKRAM)

Donasi Bencana Sulbar