Aksi Penjambretan Marak, Polres Poso Tingkatkan Pengamanan

oleh -
Kasat Reskrim Polres Poso AKP. Aji R. Nugroho Sik (FOTO : ANCU)

POSO – Masyarakat Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) diresahkan oleh tindak kejahatan penjabretan yang belakangan ini kian marak.  

Atas hal tersebut, pihak kepolisian Resort Poso kini terus melakukan  kegiatan patroli rutin di wilayah hukum poso,  dalam rangka meminimalisir serta mencegah terjadinya tidak kriminal tersebut.

“Kami melakukan patroli, juga menempatkan beberapa anggota  Polisi di spot- spot yang dinilai rawan, serta kembali  kami aktifkan kring Serse untuk menindak lanjuti kejadian, ataupun quick respon, guna menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat,” ujar Kasat Reskrim Polres Poso, AKP Aji Nugroho mewakili Kapolres Via telepon, Sabtu (23/08).

AKP. Aji R.Nugroho megakui dalam beberapa bulan terakhir di Wilayah Poso sedang marak penjambretan dengan sasaran  para  ibu- ibu yg menggunakan perhiasan ataupun membawa tas samping.

Menurut dia, meskipun sejauh ini tidak mengakibatkan korban jiwa,namun pelaku  tidak segan-segan untuk melukai korban demi untuk merampas  harta benda para korban dengan cara paksa.

‘’Sebulan terakhir  telah terjadi  beberapa  aksi penjambretan  dan korbannya kebanyakan ibu-ibu, untuk itu kita mengimbau  agar masyarakat Poso selalu hati-hati, apalagi saat berada di tempat sepi ataupun saat keluar dari Bank,’’ ungkap Aji.

Kasat Aji berucap, pihaknya juga memberi tips aman kepada warga, yakni selalu  memperhatikan keamanan diri sendiri, tidak mengundang perhatian pelaku kriminal ketika mengendarai, ketika berhenti pastikan kembali barang barang dan kunci ganda kendaraan, tidak menggunakan perhiasan berlebihan saat beraktivitas di luar, serta ketika merasa di buntuti  untuk pergi dan bergerak ke tempat keramaian.

Diakuinya apa yang diupayakan oleh pihak Kepolisian  merupakan bentuk respon untuk meberikan rasa aman warga Poso. Oleh karena itu, masyarakat juga perlu pro aktif untuk memberikan informasi  secepatnya dan berani melaporkan jika terjadi aksi penjambretan ataupun begal kepada pihak Kepolisian terdekat.

‘’Apabila masyarakat yang melihat atau terjadi pada dirinya sendiri dapat melaporkan kepada unit quick respon dengan menghubungi ke nomor 082271612012, semoga upaya yg kami lakukan dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada  masyarakat,’’ imbuhnya.

Pihak Kepolisian Resort Poso juga memastikan,  maraknya  kriminal yang terjadi di wilayah hukum Polres, baik kriminal pencurian dan aksi  penjambretan  tidak terlepas dari dampak  munculnya  Covid-19,  yang  memberikan pengaruh ekonomi  yang cukup besar, khususnya dari segi perekonomian masyarakat.

“Selain perputaran ekonomi menjadi tidak stabil secara keseluruhan,maraknya aksi kriminal di tempat sepi juga dipengaruhi  oleh semakin baiknya sistem keamanan di kantor, hotel, rumah, yang sudah di pasang CCTV dan anjing penjaga  di wilayah perkotaan, sehingga  para pelaku kejahatan berfikir seribu kali untuk melakukan aksinya, maka kejahatan akan timbul di jalan,” tandasnya.

Reporter : Mansur
Editor : Yamin