75 Nakes Positif COVID-19, Pelayanan Kesehatan di RSUD Poso Terhambat

oleh -101 Kali Dilihat
Suasana RSUD Poso terpantau lengang, (FOTO : media.alkhairaat.id/Mansur)

POSO – Sejak Juli 2021, sebanyak 75 Tenaga Kesehatan (Nakes) yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal itu membuat pihak rumah sakit terpaksa memberlakukan jadwal kerja secara bergilir, agar pelayanan  tetap berjalan dengan baik.

Direktur RSUD Kabupaten Poso, dr. Jein Rompas membenarkan, dari 500 Nakes yang ada di RSUD Poso, 75 diantaranya terkonfirmasi positif Covid-19 baik gejala ringan ataupun tanpa gejala. Namun, menurutnya, dari 75 orang yang terkonfirmasi tersebut 35  telah kembali ke rumah usai menjalani isolasi mandiri. Sementara 40  orang lainnya kini masih menjalani perawatan dan isolasi di RSUD Poso.

‘’Sejak bulan Juli sampai sekarang ada 75 orang Nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19,ini tentu sangat berdampak terhadap pelayanan yang ada, apalagi dengan semakin meningkatnya jumlah pasien Covid-19 yang masuk,’’ ungkap Jein Rompas saat dikonfirmasi via telephone, Jumat (13/08).

Dijelaskannya, dari data yang ada, puluhan tenaga kesehatan  yang terkonfirmasi tersebut mulai dari dokter, perawat, staf hingga tenaga teknis dengan memiliki gejala ringan dan sedang. Untuk mengantisipasi agar pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), bedah sentral, rawat jalan serta pelayanan radiologi tetap berjalan, sebagian tenaga medis yang ada di Ruang Poli terpaksa digeser untuk mengisi sementara.

‘’Jadi sejak sepekan terakhir,untuk mengantisipasi agar pelayanan kesehatan tetap berjalan di Rumah Sakit, kami terpaksa menggeser sebagian tenaga kesehatan yang lebih dari dua orang seperti petugas dari ruang isolasi digeser ke ruang internal. Begitu juga sebaliknya, istilahnya kita roling,’’ tambah Jein.

Jein Rompas mengakui, meskipun peningkatan kasus terkonfirmasi posistif Covid-19 di Poso meningkat, pihaknya telah menambahkan fasilitas tempat tidur perawatan pasien Covid-19, dari 20 menjadi 64 tempat tidur sejak Juli. Selain penambahan fasilitas, langkah lain untuk mengantisipasi melonjaknya pasien Covid-19 di RSUD Poso, Pemda setempat juga telah menambah dua Rumah Sakit rujukan , masing-masing Rumah Sakit Tentara dr.Yanto dan Rumah Sakit  GKST Sinar Kasih Tentena.

Berdasarkan data yang ada pada tim Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Poso, hingga Jumat 13 Agustus 2021, jumlah warga yang terkonfirmasi Covid-19 mencapai  1.199 orang, 127 diantaranya dinyatakan meninggal dunia. Kabupaten Poso sendiri hingga kini masih dalam masa PPKM  level empat dengan masa perpanjangan sejak 10  hingga 16  Agustus 2021 mendatang.

Reporter : Mansur
Editor : Yamin