Unisa Palu Terapkan KKN Tematik Covid-19

oleh
Abdu Kadir Alkaf

PALU- Universitas Alkhairaat (Unisa), melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), tahun akademik 2020-2021 menerapkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Covid-19.

“Tahun akademik ini kami menerapkan KKN Tematik Covid-19, sebagai bagian dari aktualisasi program Nasional Kampus Merdeka,” kata Ketua LPPM Unisa, Abdul Kadir Alkaf pada Media ini, Rabu (9/9), di ruang kerjanya.

Abdul Kadir mengatakan, KKN Tematik menurut Buku Panduan Merdeka Belajar–Kampus Merdeka 2020, adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar bersama masyarakat, mengidentifikasi potensi, dan menangani masalah.

Dia berharap, melalui KKN tematik Covid-19 ini, mahasiswa mampu mengembangkan potensi dan solusi dari permasalahan yang ditemukan di masyarakat. Khususnya terkait dengan permasalahan Covid-19.

KKN Tematik, kata mantan Dekan Fakultas Ekonomi itu juga ditujukan kepada mereka yang hendak berpartisipasi langsung untuk menekan angka penularan Covid-19.

Tujuan lain lanjut Abdul Kadir, membentuk masyarakat di sekitar domisili tempat tinggal peserta KKN yang siaga dan tangguh Covid-19 di tingkat RT/RW. Kemudian mampu menjadi perubahan sosial.

“Mahasiswa juga diharapkan mampu memanfaatkan teknologi untuk melawan Covid-19, sehingga masyarakat menerapkan perubahan perilaku di era Adaptasi Kebiasaan Baru dengan produktif dan aman,” jelasnya.

Koordinator Divisi Pengabdian kepada Masyarakat, Mohamad Gulom menambahkan, KKN tematik Covid-19 merupakan bagian dari mata kuliah pilihan umum. Bobot dari mata kuliah ini 4 SKS, berbasis interaksi langsung dengan masyarakat.

Kuliah KKN tematik ini akan dilaksanakan pada Sabtu, 12 September 2020 secara luring dan daring. Materinya dibagi tiga tahap yakni, kuliah pembekalan materi tentang Covid-19, pelatihan softskill dan eksekusi program selama tiga minggu di desa yang telah ditetapkan.

Reporter: Iwan Laki
Editor: Nanang

Iklan-Paramitha