Setelah Dilantik, Ini Kata Ketua IKA Teknik Elektro Untad

oleh
Suasana pelantik pengurus IKA Teknik Elektro Untad, di Salah satu hotel di Kota Palu, Ahad (17/01) (FOTO : IST)

PALU – Menindaklanjuti musyawarah besar luar biasa pada Oktober 2020 silam, pengurus Ikatan Alumni (IKA) Teknik Elektro Universitas Tadulako (Untad), menggelar pelantikan pengurus, yang dirangkaikan dengan pembekalan dan rapat kerja, di salah satu hotel di Kota Palu, Ahad (17/01).

Pelantikan dihadiri Rektor Untad yang diwakili Wakil Rektor (Warek) Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Muhammad Nur Ali, M.Si. Dekan Fakultas Teknik Untad, diwakili Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Ir. Tutang Muhtar Kamaludin, ST, MSi, IPM, beberapa Ketua IKA Jurusan dan Pengurus Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Teknik Untad. Ketua Jurusan Teknik Elektro Untad, Dr. Yuli Asmi Rahman, ST. M Eng, dan Ketua Ikatan Alumni Teknik Untad Ir, Gufran Ahmad, ST, IPM.

Ketua IKA- Elektro Untad terpilih, Ihksan Syarifuddin ST dalam vision statementnya menyampaikan, momentum revolusi industri 2.0 di masa lampau adalah penemuan energy listrik. Dimana tokoh sentralnya adalah penemu listrik, Michael Faraday. Penemu balon lampu, Thomas Alfa Edison dan penemu Alternatif Current (arus AC) Nicola Tesla.

“Nama Tesla bahkan diabadikan pada mobil listrik Elon Musk saat ini,” katanya.

Karena itu, menurut dia, alumni elektro saat ini harus bisa memahami kondisi makro dalam industry ketenagalistrikan dan energy terbarukan. Termasuk peran dan manfaatnya buat perkembangan umat manusia.

“Pabrik baterai lithium di Morowali merupakan salah satu pabrik terbesar di dunia, yang menelan biaya investasi sekitar Rp43 trilun,” ujarnya.

Kemudian mobil listrik yang menjadi kendaraan masa depan adalah potensi besar dan keniscayaan dalam bidang elektrikal.

“Ini perlu dijadikaan issu strategis dan peluang di masa depan oleh para alumni elektro,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Jurusan Teknik Elektro, Yuli Asmi Rahman mengatakan, alumni elektro kedepan bisa sejajar dengan alumni-alumni lain dari kampus ternama, yang sudah kuat persatuan alumninya di dunia kerja.

Dikesempatan yang sama, Ketua IKA Teknik, Ir Gufran Ahmad juga menegaskan, perlunya sinergitas dan kekompakan sesama alumni teknik. Agar nantinya bisa secara objective menangkap semua peluang yang ada. Sekaligus semua database alumni dapat dipetakan dengan menggunakan system Informasi Transaksi Elektronik (ITE).

Senada dengan itu, Warek Untad, Dr. Muhammad Nur Ali, M.Si mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

Ia mengaku melihat optimisme dan komitmen pengurus yang bisa diwujudkan secara rill. Dengan tema besar tentang membangun stakeholder dan technopreneur akan menjadikan alumni elektro bisa berkontribusi bagi daerah.

Nur Ali menyebut, pihaknya bahkan siap melakukan tindaklanjut kerjasama yang bisa mengangkat issu energy alternatif terbarukan, sebagai salah satu solusi energy di Sulawesi Tengah kedepannya.

Kegiatan pelantikan dilanjutkan pembekalan managemen organisasi yang disampaikan, Dr. Ir. Tutang Muhtar, ST MSi, agar semua pengurus dapat memahami konsep dan managemen organisasi, serta bagaimana membuat organisasi bisa survive dan berkembang.

Selanjutnya kegiatan rapat kerja untuk mengkonkritkan semua narasi dan cita-cita menjadi program kerja yang dapat dieksekusi secara periodik.

Dengan harapan semua pengurus dapat terus konsisten dalam melaksanakan program-program kerja yang sudah disepakati bersama.**

Editor : Yamin

Donasi Bencana Sulbar