Radio Pantai Donggala yang Terlupakan

oleh

PERNAH dengar namanya radio pantai? Di banding radio yang lazim kita kenal sebagai stasiun informasi dan hiburan selama ini, sebutan radio pantai tidak begitu populer di mata sebagian masyarakat.

Bahkan di kota Donggala yang memiliki radio pantai pun, nama itu kurang dikenal masyarakat.

Jangan mengira sebutan radio pantai berada di tepi pantai dekat pelabuhan. Kenyataannya, Stasiun Radio Pantai Donggala itu berada di atas sebuah bukit yang lokasinya agak jauh dari pantai.

Tepat di belakang gedung SMK Negeri 1 Donggala, Jalan Kamata No. 5 Kelurahan Gunung Bale, Kecamatan. Lokasi stasiun tersebut jarang terlewati masyarakat umum, kecuali petugas radio setempat.

“Radio pantai itu tidak mesti berada di pantai. Tapi memang disengaja ditempatkan di lokasi ketinggian untuk memonitor keselamatan pelayaran kapal di seluruh wilayah Indonesia,” jelas Adrianis, seorang operator radio pantai yang biasa dikenal dengan markonis.

Adrianis yang sebelumnya bertugas di Radio Pantai Pantoloan ini menjelaskan, jangkauan monitor radio ini cukup luas, bahkan melayani pelayaran internasional.

Cuma saja, kata dia, saat ini keberadaan Radio Pantai Donggala tidak sesibuk zaman dahulu karena tidak semua kapal memasang perangkat radio. Padahal, kata dia, hal itu wajib, termasuk kapal nelayan sebaiknya memiliki perangkat radio demi keselamatan bila ada hal-hal yang membahayakan dalam pelayaran dapat segera mengirim informasi.

Iklan-Paramitha