Komda Alkhairaat Touna Rayakan Tahun Baru Islam dari Masjid ke Masjid

oleh
Ketua Komda Alkhairaat Kabupaten Touna, Mahmud Lahay, saat menyampaikan tausiyah di salah satu masjid. (FOTO: SAFA'AD)

AMPANA – Pengurus Komisariat Daerah (Komda) Alkhairaat Kabupaten Tojo Una-Una (Touna), Sulawesi Tengah, menggelar perayaan Tahun Baru Islam 1442 Hijriah di Masjid Nurul Rahman, Kelurahan Dondo Barat, Kecamatan Ratolindo.

Kegiatan ini sebagai upaya membangkitkan kegembiraan dan semangat warga dalam menyambut datangnya tahun baru Islam.

Perayaan tahun baru Islam yang digelar Kamis (20/09) malam, diawali dengan dzikir akbar dan doa bersama, dengan mengikuti protokol kesehatan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Bupati Touna Mohammad Lahay, Ketua Komda Alkhairaat Mahmud Lahay dan anggota DPRD Touna Husen M. Abubakar.

Ketua Komda Alkhairaat Touna, Mahmud Lahay, dalam tausiyahnya, mengatakan, bahwa perayaan tahun baru Islam mulai terkikis dari waktu ke waktu. Tidak lagi terdengar kegembiraan dalam menyambut tahun baru Islam.

Padahal, kata dia, tahun baru Islam ini adalah tahun bersejarah, di mana terjadi hijrahnya Rasulullah Muhammad Sallalhu Alaihi Wasallam (SAW) dari Kota Mekah ke Madinah.

“Dari situlah terjadi perkembangan Islam yang cukup pesat. Tapi sekarang ini, hampir tidak terdengar lagi anak-anak muda kita menyambut tahun baru Islam dengan riang gembira,” ungkapnya.

Olehnya, kata dia, untuk membangkitkan kembali semangat dalam menyambut tahun baru Islam, maka pihaknya telah bersepakat untuk menggelar perayaan tahun baru Islam dari masjid ke masjid.

Ia menambahkan, perayaan tahun baru Islam yang digelar dari masjid ke masjid dilakukan dengan mempertimbangan aspek penyebaran Covid-19.

“Kita tidak boleh mengmpulkan banyak orang karena masih berada di tengah pendemi,” tutupnya.

Reporter : Safa’ad
Editor : Rifay

Iklan-Paramitha