Janji Cudi: Palolo Salah Satu Lumbung Beras Terbesar di Sulteng

oleh
Rusdi Mastura berjanji akan menjadikan Kecamatan Palolo sebagai wilayah lumbung Padi di Sulawesi Tengah. (FOTO: IST)

PALU- Hari terakhir kampanye Kabupaten Sigi, calon gubernur Rusdi Mastura menyambangi warga Kecamatan Palolo. Di di depan warga di desa Makmur Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi, Cudi sapaan akrab Rusdi Mastura berjanji akan menjadikan Kecamatan Palolo sebagai Lumbung beras terbesar di Kabupaten Sigi.

“Masyarakat di Kecamatan Palolo tidak boleh kalah dengan lumbung beras yang ada di Kecamatan Toili, Kabupaten Luwuk Banggai, Desa Tolai, Mepanga di Kabupaten Parimo. Produksi beras di Palolo peningkatan cukup bagus kualitas berasnya juga sudah diakui. Insya Allah saya gubernur kecamatan Palolo akan saya jadikan salah satu lumbung berasnya Sulteng,” ujar Rusdi Mastura

Rusdi mengatakan, persawahan di Palolo cukup luas kurang lebih 2.622,08 Ha, daerah-aliran sungai (Das) atau irigasinya juga sangat bagus. Sehingga Palolo sangat menunjang untuk dijadikan salah satu lumbung beras di Sulteng.

Selain lumbung beras, dia bersama Ma’mun Amir juga akan mengupayakan pembangunan listrik bersumber tenaga air.

“Di Kecamatan Palolo saya lihat banyak begitu banyak sungai, debit air juga cukup besar sehingga sangat berpotensi dijadikan sumber listrik tenaga air,jika di Kecamatan Palolo ini di bangun listrik tenaga air di pastikan masyarakat di satu Kabupaten Sigi tidak aka mengalami krisis listrik,” ujar Cudi.

Menurutnya, jika hadir listrik tenaga air di Palolo kebutuhan akan kelistrikan di Sigi dijamin bisa terpenuhi.

Sementara Frits A. Kadori mengatakan, ada empat desa yang dikunjungi desa Sidondo 3 ,Desa Makmur, Ranteleda dan Desa Sipulung.

“Hari ini merupakan hari terakhir timnya berkampanye di Kabupaten Sigi,untuk Kabupaten Sigi jadwal kampanye ada lima hari,” jelasnya.

Selama berkampanye di Sigi pihaknya sangat puas melihat respon dari masyarakat, yang semua menghadiri undangan. “Karena situasi Corona sehingga warga yang datang di batasi, kami juga dalam setiap pertemuan mengutamakan protokol covid,” ujar Firts.
Laporan Irma

Iklan-Paramitha