Hanya Unisa Dapat Dana Hibah PK dari Kemenristekdikti

oleh
Universitas Alkhairaat

PALU – Universitas Alkhairaat (Unisa) menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Sulawesi Tengah yang mendapatkan dana hibah Pusat Karir (PK) dari Kementerian Riset, Teknoligi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), baru-baru ini.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Layanan Karir, Unisa, Fachrudin A. Yahya, di ruang kerjanya, Rabu (01/08), membenarkan informasi tersebut.

Fachrudin A. Yahya

“Iya memamg benar. Alhamdulillah Unisa merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Sulteng yang mendapatkan dana hibah untuk tahun anggaran 2018 ini,” jelasnya.

Dia mengatakan, setelah menerima hibah layanan karir sesuai dengan program kerja, pihaknya akan melakukan studi banding atau pelatihan pengembangan pusat karir.

“Tujuan pelatihan kita masih bicarakan dengan pengurus apakah Makassar atau Kendari, karena koordinator kami ini pak Ary dari Unismuh Kendari Pusat Layanan Karirnya sudah mendapat nilai plus dari Kementerian. Bahkan beliau sudah menjadi pemateri nasional pelatihan pusat layanan karir yang diselenggarakan oleh Kementeristekdikti,” urainya.

Kepala Biro Administrasi Akademik dan Sistem Informasi (BAAK-SI) itu menambahkan, kepercayaan Kemenristekdikti ini adalah jawaban terhadap keraguan sejumlah pihak terhadap Unisa.

Lebih lanjut dia mengatakan, keberadaan lembaga Pusat Layanan Karir di Unisa bertujuan untuk terbentuknya sinergitas Unisa dengan institusi lain, khususnya pengguna lulusan Unisa. Selain itu tersalurnya alumni dalam dunia kerja melalui bursa kerja.

Mantan Dekan Fakultas Perikanan itu mengatakan, keberadaan UPT Pusat Layanan Karir juga menjadi wadah yang fokus menyiapkan lulusan yang siap kerja dan tersedianya informasi kesempatan kerja bagi mahasiswa dan alumni.

“Program kerjanya disesuaikan dengan rancangan anggaran yang telah disetujui oleh Kemenristekdikti,” ujarnya.

Selain itu untuk penguatan informasi dan menjangkau keberaadaan alumni yang tersebar di seluruh Indonesia, pihaknya juga akan membuat website serta membuat pelatihan softskills bagi mahasiswa tahap akhir dan alumni.

Bulan November mendatang, seluruh Pusat Karir dan Pusat Layanan Karir Lanjutan akan diundang untuk mempresentasikan progres kerja atau seminar hasil di Bali. (IWANLAKI)

loading...