Hadianto Targetkan Piala Adipura

oleh
Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid

PALU- Sekian banyak pejabat wali kota terdahulu menargetkan menuju kota Adipura, namun belum satupun gelar Adipura itu terwujudkan. Olehnya Wali Kota Palu Hadianto Rasyid menarget penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup itu.

Hadianto mengatakan, dia akan memprioritaskan penghargaan ini, disamping dana stimulan, huntap dan pemberian santunan duka korban gempa, tsunami dan likuifaksi.

“Ini Target prioritas saya raih Piala Adipura. Saya akan mengundang dan membahas bersama instansi terkait untuk membahas Kota Palu menuju Kota Adipura,” ujar Walikota Palu Hadianto Rasyid.

Untuk diketahui, Piala Adipura adalah sebuah penghargaan yang diperuntukkan pada kota ataupun kabupaten di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan.

Menurut Hadianto Rasyid, untuk menuju Kota Adipura itu memang tidak mudah, tetapi jika dikerjakan dengan sungguh -sungguh, dan niat yang baik, Insya Allah target raih Piala Adipura pasti diraih.

Kadis Lingkungan Hidup dan Pertamanan Kota Palu Ridwan Karim

menanggapi keinginan Wali Kota Palu, menganggap hal itu merupakan keseriusan Hadianto. Bukan lagi sekedar raih sertifikat Adipura tetapi Wali Kota Palu target Piala Adipura.

“Ini target tidak main- main karena menuju Piala Adipura. Menuju Kota adipura banyak indikatornya yang harus dipenuhi seperti bagaimana TPA nya, bagaimana ruang terbuka hijaunya, bagaimana dasar-dasarnya. Itu harus kita penuhi,” ujar Ridwan Karim.

Menurutnya, untuk mendukung Kota Adipura Wali Kota meminta setiap kecamatan ada UPTD pengelolaan persampahan. Hal itu guna mengefektifkan persampahan di wilayahnya.

“Jadi jika terbentuk UPTD Dinas Kebersihan, (maka) sisa mengawasi kinerja dari UPTD itu. Namun untuk membentuk UPTD itu harus dikoordinasikan dengan bagian organisasi dan bagian hukum sekretariat Kota Palu, supaya tidak terjadi benturan di aturan,” jelasnya.

Reporter: Irma
Editor: Nanang