FIAN bersama Klinik Agung Latih Asesmen dan Konseling Pecandu Narkoba

oleh
DPW FIAN Sulawesi Tengah bersama Klinik Agung Kota Palu, mengadakan pelatihan asesmen dan konseling pecandu narkoba Sabtu (17/10), FOTO: IST

PALU – Dewan Pengurus Wilayah  Forum Indonesia Anti Narkoba (FIAN) Sulawesi Tengah bersama Klinik Agung Kota Palu, mengadakan pelatihan asesmen dan konseling pecandu narkoba di ruang pertemuan kantor KONI Sulteng, Sabtu (17/10).

Pelatihan diikuti oleh pengurus DPW FIAN Sulteng, Kota Palu dan Kabupaten Morowali menghadirkan pemateri dari BNN Kota Palu dan sejumlah dokter dan psikolog. Tujuannya, membentuk Sumber Daya Manusia yang dapat melakukan asesmen serta konseling pecandu narkoba yang lebih profesional.

Ketua FIAN Sulteng, Muh Tamrin Tahir mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Klinik Agung, yang telah memberikan peluang dan kesempatan bagi pengurus FIAN, untuk bisa bersinergi dalam rangka asesmen dan konseling bagi pecandu narkoba.

“Alhamdulillah ini merupakan hal yang baik dan tentunya memiliki manfaat bagi pengurus FIAN, yang nantinya akan lebih memahami cara melakukan asesmen maupun konseling bagi pecandu narkoba.” ungkapnya.

Tamrin menambahkan, FIAN dalam pelaksanaan memerangi bahaya narkoba akan terus eksis melakukan sosialisasi, baik di tingkat pelajar maupun lembaga. Sebab bahaya narkoba saat ini khususnya di Sulteng sudah menjadi hal yang luar biasa dahsyatnya. Sehingga dalam pemberantasan narkoba, tidak hanya dilakukan oleh aparat hukum tertentu saja, akan tetapi semua pihak ikut terlibat.

Sementara Direktur Klinik Agung Palu dr. Rizqa mengatakan, dalam penanganan konseling bagi pecandu narkotika, pihaknya telah bekerjasama dengan BNN Kota Palu sejak 2014 lalu, dan selama itu telah banyak pecandu narkoba yang telah mendapat rehabilitasi.

Dia menambahkan, dengan adanya pelatihan asesmen dan konseling maka akan lahir para kader yang dapat mendampingi para pecandu narkoba, untuk tidak kembali pada kebiasaan lamanya menggunakan narkotika.

“Pelatihan asesor ini sangat penting dan kami juga berterimakasih pada FIAN, yang secara bersama melakukan kegiatan ini, dan tentunya ini merupakan langkah awal, sebab untuk menjadi asesor banyak tahap yang harus dilalui,” kata Rizqa.

Dalam kegiatan tersebut, pihak BNN Kota Palu menghadirkan pengguna narkoba yang telah mendapat rehabilitasi, dan peserta pelatihan langsung melakukan praktek asesmen pada pengguna narkoba tersebut. Kegiatan pelatihan tersebut juga, tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan menjaga jarak dan memakai masker.

Editor: Hady
Redaktur: Nanang

Iklan-Paramitha