Donggala Siap jadi Tuan Rumah Popda Tingkat Provinsi Tahun Depan

oleh
Kadispora Kabupaten Donggala, Damin

DONGGALA – Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Kadispora) Kabupaten Donggala, Damin, menyatakan, pihaknya sudah siap menjadi tuan rumah Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (Popda) tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, Tahun 2021 mendatang.

Hal tersebut telah menjadi kesepakatan sejak tahun lalu dan ini merupakan kesempatan yang baik dan peluang pertama bagi Donggala sebagai tuan rumah.

Persiapan itu telah disepakati dalam beberapa pertemuan panitia dengan Bupati Donggala dan memerintahkan Dispora Donggala untuk menyeriusi event ini.

“Ini merupakan amanah dan sekaligus kesempatan menjadi tuan rumah yang baik. Karena itu kami sebagai panitia sudah melakukan rapat koordinasi bersama dinas terkait dalam penyelenggaraan, karena tidak mungkin Dispora sendiri yang bergerak untuk menyukseskan Popda,” kata Damin, baru-baru ini.

Menurutnya, dalam proses persiapan tersebut, selain melibatkan Dinas Pekerjaan Umum, juga pihak Dinas Pariwisata. Sebab, kata dia, masalah sarana dan prasarana olah raga itu saling terkait satu sama lainnya.

“Dinas Pariwisata misalnya sebagai pengelola Anjungan Gonenggati di Kelurahan Kabonga memiliki fasilitas kolam renang akan memperbaiki fasilitas yang ada. Pada saat bencana alam gempa bumi dan tsunami tahun 2018 lalu, kolam renang di sisi barat anjungan sedikit mengalami kerusakan,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Donggala, Sajaun, juga menyatakan dukungannya untuk menyukseskan kegiatan Popda nanti.

Terkati kesiapan kolam renang, kata Sajaun, Pemkab Donggala telah menganggarkan perbaikan beberapa bagian pada tahun 2021 mendatang.

Adapun cabang olah raga (cabor) yang akan dikompetisikan pada Popda nanti, antara lain, tinju, taekwondo, renang, karate, atletik dan voli pasir.

Dalam kegiatan nanti, Dispora akan menyiapkan sarana pertandingan tanpa harus memaksakan diri menyiapkan fasilitas standar nasional.

Sedangkan untuk penginapan bagi atlet akan menemati rumah-rumah warga yang telah dipilih oleh panitia.

Reporter : Jamrin AB
Editor : Rifay

Iklan-Paramitha