Cudi Diangkat Jadi Panglima Perang oleh Suku Moma

oleh
Pengukuhan Rusdy Mastura sebagai panglima perang Suku Moma. Rusdy Mastura dikukuhkan langsung oleh ketua adat Suku Moma kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi Sabtu tadi pagi 10/20. Foto: ist

PALU – Suku Moma di Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi mempercayai Rusdi Mastura memangku peranan penting di wilayahnya. Suku Moma memberikan jabatan panglima perang kepada Rusdy Mastura, Sabtu (10/10).

Wakil Ketua DPD Hanura Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Pdt. Frits S. A Kandori yang mendampingi kunjungan Calon Gubernur Sulteng Rusdi Mastura, mengatakan, ada tiga desa yang dikunjungi ole Rusdy Mastura di Kecamatan Kulawi, yaitu Desa Salua, Bolapapu dan Desa Namo.

Kunjungan Rusdy Mastura ke tiga desa tersebut melantik 150 relawan yang siap memenangkan pasangan nomor urut 2 Rusdi Mastura dan Ma’mun Amir di Pilkada 9 Desember mendatang.

“Kami di sana diterima secara adat oleh warga, Pak Rusdi Mastura diangkat sebagai panglima perang oleh kepala suku dan dewan adat suku Moma,” ujar Frits S.Kandori, Sabtu pagi tadi (10/10).

Menurut Frits, Rusdi Mastura dinilai memiliki sejarah tersendiri di kecamatan Kulawi. Di mana orang tua dari Cudi, sapaan akrab Rusdi Mastura ini, yang paling pertama membuat jalan di Kecamatan Kulawi. Selain itu juga kedua orang kakak dari Rusdi Mastura lahir di Kecamatan Kulawi.

“Dua orang kakak dari Rusdi Mastura lahir di Kulawi. Kakanya yang kuliah di luar negeri pasportnya tertulis kelahiran Kulawi,” ungkapnya.

Menurutnya, mereka berharap, pasangan ini bisa membawa perubahan dan kemajuan Kabupaten Sigi, khususnya Kulawi. Masyarakat di sana menitik beratkan sarana jalan raya, untuk dapat diprioritaskan.

“Warga di sana heran kenapa jalan di Kulawi sudah ditetapkan sebagai jalan nasional, tapi sayang jalannya tidak pernah diperhatikan. Kondisi jalan di sana sampai saat ini rusak berat,” tutur Frist.

Pemerintah saat ini dinilai tidak serius memperhatikan kondisi yang ada di Kecamatan Kulawi. Untuk itu masyarakat di sana berjanji akan memenangkan 80 persen suara untuk pasangan nomor urut 2 Rusdi Mastura dan Ma’mun Amir.

Reporter: Irma
Editor: Nanang

Iklan-Paramitha