Banjir Bandang Kembali Terjang Kulawi

oleh
Banjir bandang di Kulawi, Sabtu (8/8). (FOTO: IST)

SIGI – Banjir bandang kembali terjadi di Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, tepatnya di dusun II.

Banjir itu datang secara tiba-tiba, sekira pukul 20.00 WITA. Sontak gemuruh banjir yang membawa material batang pohon dan bebatuan besar ini mengagetkan warga pemukiman setempat

Camat Kulawi Rolly mengatakan, banjir yang datang dengan lumpur tersebut telah menghanyutkan dua rumah, yang tidak jauh dari sungai di desa itu, serta merusak rumah, termasuk Rumah Dinas Camat Kulawi.

“Kami belum melakukan pendataan secara detail di sejumlah desa lain, namun jika dilihat dari situasi terdapat beberapa desa yang terendam, terutama rumah dinas camat yang saya tempati saat ini dimasuki air dan lumpur,” ujar Camat Kulawi.

Sejumlah fasilitas umum lainnya lanjut dia, juga rusak diterjang lumpur seperti sekolah SD dan rumah ibadah.

Pihaknya kata dia, juga sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sigi dan dinas terkait untuk melakukan upaya bantuan di lokasi bencana.

Rolly menambahkan, beberapa hari terakhir Kecamatan Kulawi dan sekitarnya mengalami curah hujan hampir setiap harinya. Sampai berita ini dinaikkan, kondisi banjir Desa Bolapapu dan sekitarnya sudah mulai surut, tersisa batang batang pohon dan batuan yang besar serta lumpur menutupi jalan poros di desa tersebut.

Selain di Kecamatan Kulawi, juga banjir terjadi di Desa Tuva dan Desa Salua Kecamatan Gumbasa yang menutup jalan poros di Desa Tersebut. (Hady)

Iklan-Paramitha