ZI WBBM Perwakilan BKKBN Sulteng Dievaluasi Kemenpan RB

oleh -
Suasana evaluasi ZI WBK/WBBM Tahun 2021, yang digelar oleh Kemenpan RB secara virtual, Selasa (9/11).

PALU – Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengikuti evaluasi Zona Integritas  Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI WBK/WBBM) Tahun 2021, yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Apratur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) secara virtual, Selasa (9/11).

Dikesempatan itu, Kepala Perwakilan BKKB Sulteng, Dra. Maria Ernawati, memaparkan perjalanan pembangunan ZI WBK/WBBM di wilayah kerjanya.

Kata Maria, pembangunan di setiap area perubahan didukung berbagai inovasi yang mengusung tema kearifan lokal.

“Dari semua inovasi yang ada, kami menetapkan 7 Inovasi yang  menjadi unggulan dari BKKBN Sulawesi Tengah,” katanya.

Rapat ini menjadi salah satu tahapan yang mesti dilakukan sebelum unit kerja di tetapkan sebagai unit kerja yang berpredikat ZI WBBM. 

Selain Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Ketua setiap Pokja area perubahan, Tim Pendamping  Internal serta Agent of Change hadir dalam kegiatan  virtual meeting ini. 

Dikesempatan itu, dua tim evaluator dari Kemenpan RB secara bergantian mengajukan beberapa pertanyaan terkait program, kegiatan mandatory, inovasi dan langkah langkah apa yang dilakukan unit kerja untuk memitigasi risiko yang ada.

Selain itu, salah satu Evaluator, Raka  berdialog langsung dengan Agent Of Change yang di wakili oleh dr. Rosalia Palinggi. Yang mempertanyakan, bagaimana program kerjanya dan evaluasinya dilaksanakan , serta cara melakukan evaluasi terhadap kinerja Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) di lapangan.

Apresiasi juga terlontar dari Khori yang juga sebagai salah satu evaluator kemenpan RB. Khori menyampaikan, sangat mengapresiasi Perwakilan BKKBN Provinsi Sulteng untuk tetap berkomitmen melanjutkan Pembangunan ZI WBBM di Tahun 2021.

Selain itu, Khori juga menanyakan terkait inovasi penurunan stunting yang ada di Sulteng, yang menilai berbeda dengan unit kerja lainnya. Di akhir evaluasi, Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng mengucapkan  terima kasih kepada kedua Evaluator  yang telah memberikan saran dan masukan, untuk perbaikan Pembangunan ZI WBBM di Perwakilan BKKBN Sulteng mendatang. *