WALHI Gelar Aksi Lingkungan Jelang Hari Lingkungan Hidup

oleh -
Walhi

PALU- Menjelang peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni 2024, Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Sulawesi Tengah (Sulteng) bersama Organisasi Rakyat (OR) akan menggelar berbagai kegiatan lingkungan.

Direktur WALHI Sulawesi Tengah, Sunardi Katili, mengatakan, bahwa mereka akan melakukan aksi bersih sungai, penanaman pohon, dan pelepasliaran anak penyu hijau (tukik) di Kabupaten Donggala dan Sigi.

“Pelepasan tukik akan dilakukan oleh Yayasan Bonebula, anggota WALHI, di perairan laut Donggala pada Rabu, 5 Juni 2024. Acara tersebut juga melibatkan Pemerintah Daerah, DPRD, dan komunitas lokal,” kata Sunardi dalam keterangan tertulis di terima Media Alkhairaat.id, Senin (3/6).

Ia menjelaskan, tujuannya adalah untuk mendukung upaya global dalam menyelamatkan penyu dari kepunahan dan menjaga kelestarian ekosistem laut.

Sementara, sebut dia, aksi bersih sungai dan penanaman pohon dilakukan oleh OR Pengelolaan Hutan Desa (LPHD), Kelompok Pencinta Alam (KPA), Yayasan Ekologi Nusantara Lestari (EKONESIA), dan Yayasan Merah Putih Sulawesi Tengah (YMP Sulteng).

“Kegiatan tersebut,berlangsung di tiga desa, Mantikole, Pulu , dan Lumbudolo.

Direktur Bonebula, Andi Anwar, mengatakan, bahwa 112 ekor tukik akan dilepas di Balai Belajar Pesisir, Dusun Baturoko, Desa Lalombi, Donggala. Pelepasliaran tukik tersebut merupakan langkah penting untuk menyelamatkan penyu yang semakin terancam oleh perburuan liar, polusi laut, hilangnya habitat pesisir, dan perubahan iklim.

Direktur EKONESIA, Azmi Sirajuddin, menjelaskan bahwa 2000 pohon pelindung dan pohon multiguna (MPTS) akan ditanam. Pohon yang akan ditanam meliputi Nantu, Kemiri, Jengkol, Petai, dan Nangka di Desa Pulu, Desa Mantikole, dan Desa Lumbudolo.

Direktur YMP Sulteng, Amran Tambaru, menyatakan bahwa kerjasama dan inisiatif tersebut penting untuk digalakkan setiap tahun. Selain penanaman pohon, aksi bersih sungai juga akan melibatkan KPA Sampelu, LPHD Mantikole, dan LPHD Lumbudolo.

Reporter : **/IKRAM