UPT Taman Budaya dan Museum Sembelih Satu Ekor Hewan Kurban

oleh -
Penyembelihan hewan kurban di halaman Kantor UPT Taman Budaya dan Museum Sulteng, Senin (11/07). (FOTO: media.alkhairaat.id/Najiha)

PALU – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Budaya dan Museum, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menyembelih satu ekor sapi pada momentum Hari Raya Idul Adha 1443 H/2022.

Sapi seberat kurang lebih 80 kilogram itu disembelih di halaman Kantor UPT Taman Budaya dan Museum, Senin (11/07).

Kepala UPT Taman Budaya dan Museum Sulteng, Ahmad M. Tandju, mengatakan, pemotongan hewan kurban merupakan rutinitas setiap Idul Adha dan menjadi bagian kesertaan Taman Budaya Museum.

“Ini bukan perintah tapi imbauan kepada semua UPT Taman Budaya untuk menyembelih atau berkurban setiap tahunnya,” jelasnya.

Kata dia, usai disembelih, daging hewan tersebut akan dibagi-bagikan kepada pegawai dan tenaga kontrak UPT Museum yang berjumlah kurang lebih 70 orang.

“Karena jumlah kita banyak, sehingga yang diutamakan adalah karyawan dan pegawai, khususnya tenaga-tenaga kontrak yang ada. Sesuai dengan arahan dari dinas, yang didahulukan adalah tenaga kontrak dan pegawai golongan II. Setelah itu kalau memang masih mencukupi, yang lain bisa terima,” ujar Ahmad.

Intinya, kata dia, daging yang dibagikan tersebut bukan dilihat dari seberapa banyak, tetapi dari sisi kebersamaanya, kepedulian terhadap sesama.

“Saya berharap mudah-mudahan bisa tetap berlanjut dan bila perlu kalau memang memungkinkan, berikutnya bisa bertambah sehingga semua bisa merasakan dari daging kurban ini,” harapnya.

Reporter : Najiha
Editor : Rifay