UIN Palu Terapkan Layanan Digital Permudah Peminjam Buku di Perpustakaan

oleh -
Aplikasi UIN DATOKARAMA PALU

PALU – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, telah menerapkan layanan digital untuk mempermudah mahasiswa dan dosen yang ingin meminjam buku/literatur ilmiah di perpustakaan tersebut.

Kepala UPT Perpustakaan UIN Datokarama Palu Rifai mengemukakan bahwa, lewat layanan digital yang disiapkan mahasiswa dan dosen dapat mengakses buku/literatur ilmiah melalui komputer atau android.

“Saat ini sistem peminjaman buku di UPT Perpustakaan UIN Palu dapat dilakulan secara daring, sehingga mahasiswa dan dosen tidak perlu lagi ke gedung perpustakaan. Mereka cukup mengakses lewat android atau komputer” ujar Rifai, Kamis (08/09).

Rifai menjelaskan, agar mahasiswa dan dosen dapat mengakses buku dan literatur ilmiah lewat andorid, terlebjih dahulu mendownload aplikasi UIN DATOKARAMA PALU di play store. Setelah aplikasi berhasil di download, selanjutnya mahasiswa dan dosen harus membuka aplikasi tersebut untuk membuat akun serta memverifikasi data diri masing – masing di aplikasi itu.

“Nanti admin akan memproses data yang masuk lewat sistem, jika disetujui oleh admin, maka yang bersangkutan akan menjadi anggota perpustakaan secara otomatis dan berhak mengakses buku/literatur,” jelasnya.

Kepala UPT Perpustakaan UIN Datokarama Palu Rifai

Hingga saat ini, sebanyak 100 mahasiswa dan dosen telah menjadi anggota perpustakaan digital dan mengakses buku secara online. UPT Perpustakaan menyiapkan 1.000 judul buku dan literatur, yang dapat diakses secara online oleh mahasiswa dan dosen.

“Kerja sama ini menghasilkan layanan digital dalam proses peminjaman buku di UPT Perpustakaan UIN Datokarama yang lebih cepat,” ungkap dia.

Ketika mahasiswa atau dosen mengklik buku di aplikasi, maka akan muncul menu pinjam atau baca. Jika dipilih membaca, maka buku itu langsung dapat dibaca.

Namun jika diklik pinjam, maka buku tersebut akan hilang dari daftar buku yang ada dalam aplikasi dan buku tersebut, masuk ke akun yang meminjam.

Reporter: Hady
Editor: Nanang