Terminal di Moutong Barat Diusulkan Naik Tipe A

oleh -
Kadishub Parimo berserta jajaran saat melakukan presentase usulan kenaikan tipe terminal di Kemenhub. (FOTO: IST)

PARIMO – Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan meninjau usulan kenaikan tipe terminal di Kecamatan Moutong Barat, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), dari tipe B menjadi tipe A.

Peninjau lokasi pembangunan terminal tersebut, setelah adanya analisis maupun hitungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) setempat terkait angkutan kendaraan penumpang umum yang keluar masuk Parimo, baik bus maupun minibus serta angkutan lainnya.

Kepala Dishub Parimo, Arman Maulana, mengatakan, Parimo memiliki jalur transportasi terpanjang di Sulteng yang mencapai 472 kilometer, membentang dari Selatan hingga Utara.

“Daerah ini menjadi perlintasan ataupun transit jalur transportasi darat dari berbagai provinsi di Pulau Sulawesi, yakni Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara serta berbagai daerah,” ungkapnya, Ahad (24/10).

Ia menuturkan, berdasarkan usulan itu, Dirjen Perhubungan Darat akan mengecek langsung lokasi terminal. Saat ini, lanjut dia, pihak kementerian menunggu hasil analisis yang akan dilakukan pihaknya.

Ia menjelaskan, sejumlah terminal yang berada di Parimo masih berstatus tipe B, tepatnya yang di di Desa Toboli, serta terminal bertipe C yang berada di beberapa kecamatan.

“Untuk Terminal Tipe C di Kecamatan Moutong, Mepanga, Tinombo serta Kasimbar,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk usulan terminal tipe A berlokasi di Moutong Barat, Kecamatan Moutong. Nantinya, terminal tersebut akan menjadi kewenangan pusat untuk mengelolanya.

“Semoga usulan ini dapat direalisasikan oleh pemerintah pusat, sehingga Parimo akan memiliki terminal bertipe A,” tutupnya.

Reporter : Mawan
Editor : Rifay