Taklukan Bandar Sulteng, Persipal Jaga Asa Menuju Kompetisi Liga 3 Nasional

oleh -
Cevin, Stricker tajam Persipal, merepotkan barisan pertahanan Bandar Sulteng. (FOTO : IST)

PALU – Persipal Palu semakin dekat menuju Kompetisi Liga 3 Nasional usai mengandaskan perlawanan Bandar Sulteng dengan skor meyakinkan 3-1, dalam matchday ke-2 babak 4 besar Liga 3 Rayon Sulteng, di stadion Gawalise Palu, Senin (15/11).

Kedua kesebelasan yang berstatus sebagai juara grup pada babak penyisihan lalu sama-sama ingin menunjukkan kedigdayaannya. Persipal Palu yang sama sekali belum menelan kekalahan langsung menggertak sejak kick off.

Baru 4 menit laga berjalan, Faturrahman yang bergerak dari sisi kiri pertahanan Bandar Sulteng mengoyak jala gawang Nuralim. Persipal unggul 1-0 untuk sementara.

Bandar Sulteng langsung merespons situasi ini dengan terus menekan pertahanan Persipal Palu. Pada menit ke-16, Abdul Sabir berhasil menyamakan kedudukan, buah dari kesalahan komunikasi antara Luhur Istighfar dan Fahrul. Skorpun sama kuat 1-1.

Selepas itu, para pemain Bandar Sulteng terlihat kelelahan akibat pendeknya masa recovery, itu dibuktikan dengan banyaknya pemain yang berjatuhan mengeluh kesakitan. Persipal memanfaatkan momen tersebut dengan terus membombardir Bandar Sulteng. Hasilnya di menit ke-33, kerjasama cantik Faturrahman dan Rosul Ma’arif berhasil diselesaikan oleh Vicky Josua Sandi yang sudah berdiri dimulut gawang Nuralim. Persipal unggul 2-1 sekaligus menjadi hasil akhir 45 menit pertama.

Kembali dari kamar ganti, Persipal Palu yang sudah berada di atas angin sama sekali tak mengendurkan serangannya. Beberapa kali Persipal mengancam lewat Cevin Gloria. Namun kali ini, lini belakang Bandar Sulteng lebih sigap dalam menghalau serangan Persipal.

Bandar Sulteng juga tak tinggal diam. Memanfaatkan kelincahan pemain seniornya Arrahim, pertahanan Persipal yang dikawal oleh M. Syarif dan Ragil Dimas sempat dibuat kerepotan. Akan tetapi, M. Syarif dan Ragil Dimas masih terlalu perkasa untuk dijinakkan oleh lini serang Bandar Sulteng.

Memasuki 15 menit terakhir babak kedua, Top Skor sementara  Cevin Gloria menambah pundi-pundi golnya, lewat solo run cantik dengan tenang ia memperdaya Nuralim, sekaligus membuat Nuralim harus memungut si kulit bundar dari jala gawang untuk ketiga kalinya. Cevin Gloria kini makin memperkokoh namanya di puncak daftar pencetak gol sementara dengan torehan selusin gol. Skor 3-1 menjadi hasil akhir dari pertandingan ini.

Saat sesi jumpa pers, Abd. Gafur selaku nahkoda Bandar Sulteng membenarkan bahwa para pemainnya mengalami kelelahan namun ia tak mau mengkambing hitamkan hal tersebut dan memilih untuk menatap laga berikutnya dengan penuh rasa optimis.

“Untuk faktor kelelahan itu sudah pasti, karena semua tau jadwal kita (Bandar Sulteng) seperti apa. Tapi itu  bukan jadi alasan. Karena kami dari awal ingin bermain dengan kapasitas kami. Dan di laga terakhir melawan PSNB Nupabomba kami tetap fight meskipun peluang terbilang tipis,” Jelasnya.

Sementara itu, Yusuf Mardani arsitek Persipal Palu menuturkan kendati anak asuhnya meraih hasil positif, ia menilai anak asuhnya mengalami penurunan performa dari pertandingan sebelumnya.

“Kita bersyukur atas hasil ini, namun harus kita akui permainan anak-anak memang agak turun. Banyak hilang bola, banyaknya kesalahan dalam melakukan penjagaan maupun melakukan penyerangan” Tuturnya.

“Perjuangan belum berakhir, diakhir kompetisi kami ingin meraih hasil maksimal sehingga memastikan diri untuk lolos” Tambahnya.

Dengan hasil ini, Bandar Sulteng sejatinya masih punya kans untuk lolos meskipun terbilang kecil dan harus mengalahkan PSNB Nupabomba di laga terakhirnya. Sedangkan Persipal Palu bisa sedikit bernafas lega, pasalnya di pertandingan pamungkas nanti kala jumpa Palu Putra, Kamis (18/11) mereka hanya butuh hasil imbang untuk memastikan diri melenggang ke Babak 64 Besar Kompetisi Liga 3 Nasional.

Reporter : Adhim (Magang)
Editor : Yamin