Surat Suara Pilkada Serentak Mulai Disortir dan Dilipat

oleh
Suasana pelipatan surat suara di GOR, Selasa (24/11). (FOTO: MANSUR)

POSO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah telah memulai kegiatan sortir dan pelipatan surat suara untuk Pilkada serentak, baik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur maupun Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020.

Kegiatan itu berlangsung di gudang logistik GOR Pusalemba Poso, Selasa (24/11), dipantau langsung oleh Kapolres Poso, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Kabupaten Poso.

Pantauan media ini, setibanya di lokasi, rombongan langsung melakukan mengecek proses pelipatan dan sortir surat suara.

Namun sebelum kegiatan berlangsung, terlebih dahulu Ketua KPU Budiman Maliki memberikan arahan kepada petugas pelipat surat suara.

Ketua KPU Kabupaten Poso, Budiman Maliki yang ditemui di sela kegiatan, mengatakan, demi lancarnya pelipatan surat suara tersebut, maka pihaknya sangat selektif untuk memilih para tenaga dan selalu mengimbau agar proses sortir sangat penting sebelum dilakukan pelipatan demi mengantisipasi adanya surat suara yang rusak.

“Saya harapkan agar rekan-rekan semua bekerja dengan baik dengan penuh rasa tanggung jawab. Lipat surat suara dengan bagus dan teliti. Ikuti dan taati tata tertib yang sudah ditentukan oleh KPU,” imbaunya.

Di tempat yang sama, Kapolres Poso, AKBP Rentrix Ryaldi Yusuf, menambahkan, kedatangan mereka ke lokasi, selain untuk memantau, juga sekaligus mengecek para petugas sortir untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Kapolres berharap agar seluruh anggotanya yang melaksanakan pengamanan di Kantor KPU ataupun di gudang logistik, agar melakukan pengawasan yang maksimal.

“Laksanakan tugas dengan SOP yang sudah ditentukan. Jangan abai dalam menggunakan sosial media, apalagi terkait dengan proses pelipatan dan sortir surat suara. Lakukan pekerjaan dengan penuh tanggung jawab dan ikhlas,” harapnya.

Usai melakukan kunjungan ke taman GOR, rombongan selanjutnya melakukan peninjauan gudang TPS yang ada di Kantor Kecamatan Poso Kota Utara.

Peninjauan tersebut dilakukan untuk memastikan kondisi serta kesiapan tempat penyimpanan logistic TPS di Kantor Camat sebelum diangkut ke TPS.

Reporter : Mansur
Editor : Rifay