PALU – Setelah sukses dengan perhelatan Karya Kreatif Indonesia seri 1 tanggal 28 sampai 30 Agustus 2020, kini Bank Indonesia (BI) kembali menyelenggarakan kegiatan yang sama seri ke-2 tanggal 7 sampai 9 Oktober 2020 mendatang.
Karya Kreatif Indonesia seri 2 yang mengambil tema “Sinergi untuk UMKM Digital Guna Mendorong UMKM sebagai Kekuatan Ekonomi Baru Perekonomian Nasional di Era Digital” yang meliputi expo virtual, edukasi onboarding UMKM, fasilitasi Business Matching, Business Coacing, Fashion Show dan Workshop pengembangan produk dan pelaku usaha UMKM.
Untuk wilayah Sulawesi Tengah sendiri, kegiatan itu akan berlangsung pada tanggal 7 sampai 11 Oktober mendatang di Pusat Perbelanjaan Palu Grand Mall, Transmart Palu dan Alfamidi di Jalan Towua Palu.
Pameran akan menampilkan produk kerajinan, kain tenun maupun produk makanan olahan berkualitas yang berasal dari UMKM binaan terpilih Bank Indonesia Sulawesi Tengah.
Masyarakat dapat mengunjungi pameran Karya Kreatif Indonesia produk UMKM Sulawesi Tengah di 3 (tiga) lokasi tersebut atau melalui website virtual https://karyakreatifindonesia.co.id.
“Display produk ini dilakukan dengan memfokuskan pada satu booth multiproduk dengan menekankan protokol kesehatan,” kata Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sulteng, M. Abdul Majid Ikram, Rabu (07/10).
Ia berharap, melalui pelaksanaan showcase ini, produk UMKM khas Sulawesi Tengah pilihan Karya Kreatif Indonesia dapat lebih dikenal oleh masyarakat Sulawesi Tengah dan juga wilayah di sekitar Sulawesi Tengah.
Secara nasional, Karya Kreatif Indonesia secara resmi dibuka oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo bersama Hj. Wury Estu Handayani selaku Ketua Dewan Kerajinan Nasional secara virtual.
Pembukaan dirangkai penandatanganan Nota Kesepahaman antara BI dengan Dekranasda dalam pengembangan kerajinan dan UMKM sebagai salah satu sumber perekonomian Indonesia.
Karya Kreatif Indonesia adalah wadah sinergi dalam pengembangan program peningkatan kapasitas, perluasan akses pasar, dan pembiayaan. KKI Virtual 2020 tidak hanya sebagai media showcasing produk UMKM.
Sebanyak 377 UMKM yang ikut serta dalam gelaran KKI virtual ini, terdiri dari 127 UMKM kain tradisional dan pakaian jadi, 74 UMKM kerajinan, 132 UMKM kuliner olahan, dan 44 UMKM kopi.
UMKM yang ditampilkan telah lolos kurasi dan merupakan hasil dari sinergi Bank Indonesia dengan berbagai pihak, termasuk DEKRANAS dan DEKRANASDA.
Pelaksanaan Karya Kreatif Indonesia seri 2 dilaksanakan secara virtual danmaupun showcase secara langsung di 18 Kantor Perwakilan Bank Indonesia di seluruh Indonesia termasuk Provinsi Sulawesi Tengah. (RIFAY)