Serikat Pekerja Toyota Astra Motor (TAM) Hibahkan Sumur Bor di Palu

oleh -
Berbagai pihak terlibat dalam kegiatan CSR peletakan batu pertama pengeboran sumur air bersih di Palu, Sulteng. Bekerja sama dengan Kalla Toyota, Yayasan Hadji Kalla, dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Serikat Pekerja Toyota Astra Motor (TAM) menghibahkan sumur bor bagi warga di Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Warga yang berada disekitar lokasi CSR juga turut memberikan apresiasi positif dengan digelarnya kegiatan CSR ini. IST

PALU – Serikat Pekerja Toyota Astra Motor (TAM) baru saja berkunjung ke Palu, Sulawesi Tengah untuk menggelar kegiatan donasi organisasi, bekerja sama dengan Kalla Toyota, Yayasan Hadji Kalla, dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Palu. Serikat Pekerja Toyota Astra Motor menghibahkan sumur bor bagi warga huntap Tondo di Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Bertempat di IPA PDAM Jl. Vatutela Kota Palu, peletakan batu pertama pengeboran air dihadiri langsung oleh Yadi Irawan selaku perwakilan Serikat Pekerja Toyota Astra Motor, Rafiquah Djamil selaku CSR dan External Relation Departement Head Kalla Group, Ruly Adinatha selaku Branch Manager Kalla Toyota Palu Martadinata.

Yadi Irawan selaku perwakilan Serikat Pekerja Toyota Astra Motor mengungkapkan bahwa bencana alam berupa gempa dan tsunami yang melanda Palu di tahun 2018 silam, menjadi latar belakang Serikat Pekerja TAM memilih Kota Palu sebagai lokasi program donasi organisasi. Sejak saat itu, karyawan TAM dan Serikat Pekerja TAM berinisiasi untuk memberikan bantuan. Namun bantuan yang disalurkan tak hanya berupa makanan dan pakaian, melainkan fasilitas umum yang paling dibutuhkan masyarakat pasca bencana.

“Program donasi organisasi ini sebenarnya sudah lama ingin kita laksanakan, namun terhalang oleh pandemi Covid-19. Akhirnya pada tahun 2022 inilah program donasi organisasi ini bisa terlaksana. Pembuatan sumur bor ini tentunya melalui proses diskusi dengan masyarakat sekitar. Kami melakukan riset mengenai kebutuhan apa yang diperlukan oleh masyarakat. Sehingga Serikat Pekerja TAM bersama CSR Kalla Toyota dan Yaysan Hadji Kalla kemudian memutuskan untuk menghibahkan sumur bor demi memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat,” ungkapnya.

Rafiquah Djamil selaku CSR dan External Relation Departement Head Kalla Group menambahkan, bahwa CSR Kalla Group senantiasa membuka ruang kolaborasi bagi berbagai pihak yang ingin menggelar kegiatan CSR atau donasi organisasi. Saat pertama kali dihubungi oleh pihak Serikat Pekerja Toyota Astra Motor (TAM), Kalla Group berkomitmen untuk membantu mewujudkannya. Setelah melalui diskusi dan penyusunan rencana, akhirnya kegiatan donasi organisasi ini telah sampai pada tahap awal, yakni peletakan batu pertama.

“Kami dari CSR Kalla Group bersama Kalla Toyota Palu dan Yayasan Hadji Kalla berterima kasih atas kesempatan kolaborasi yang ditawarkan oleh pihak Serikat Pekerja TAM. Momen ini tentunya kami manfaatkan dengan sangat baik untuk memberikan fasiltas yang bermanfaat bagi masyarakat. Kalla Group tentunya berharap kegiatan ini dapat bernilai ibadah dan tetap akan terus berlanjut di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Setelah peletakan batu pertama, tahap pembangunan akan dilanjutkan hingga rampung dan dapat diresmikan segera. Serikat Pekerja Toyota Astra Motor berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu menyukseskan kegiatan ini, terlebih untuk dealer Kalla Toyota yang ada di kota Palu, staf pemerintahan Kota Palu dalam hal ini Lurah, Dinas Pekerjaan Umum, dan seluruh warga yang ada di Kota Palu juga turut memberikan apresiasi positif dengan digelarnya kegiatan donasi organisasi ini.

Alfian selaku Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Palu mengungkapkan rasa syukur karena telah menjadi bagian dari kegiatan donasi organisasi yang digelar Serikat Pekerja TAM. PDAM Kota Palu sendiri telah memilih titik yang saat ini mengalami kesulitan dalam penyediaan air bersihnya. PDAM Kota Palu berharap dengan adanya bantuan sumur bor ini dapat menjaga keberlangsungan air bersih bagi masyarakat.

“Harapan kami, kedepannya akan banyak lagi kolaborasi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat pasca bencana. Masih banyak wilayah yang masih terganggu sistem pengadaan air bersihnya. Pemerintah kota Palu akan senantiasa membantu memenuhi kebutuhan data jika Serikat Pekerja TAM dan CSR Kalla Groupn butuhkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ruly Adinatha selaku Kepala Cabang Kalla Toyota Palu Martadinata menambahkan, bahwa Kalla Toyota sebagai dealer Toyota Astra Motor, senantiasa memberikan dukungan terhadap beragam program kerja Serikat Pekerja TAM. Apa yang menjadi arahan Seriakat Pekerja TAM akan dimaksimalkan oleh Kalla Toyota. Ini merupakan bentuk komitmen Kalla Toyota untuk mendukung segala bentuk kegiatan positif.

“Kalla Toyota siap megawal program CSR ini. Membangun fasilitas umum bagi masyarakat merupakan program terbaik yang telah Serikat Pekerja TAM lakukan. Kami bangga menjadi bagian dari kegiatan sosial ini,” ungkapnya.

Serikat Pekerja Toyota Astra Motor selama ini juga aktif memberikan bantuan sosial di seluruh Indonesia. Dimulai dari gempa dan tsunami yang melanda Aceh, gempa di Yogyakarta, bencana yang terjadi di Kediri dan Sumbawa, bencana alam tsunami yang melanda Lombok dan Banten, banjir di Jakarta, pembangunan fasilitas umum di Lampung, dan berbagai kegiatan donasi yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI).

Reporter: IRMA/***
Editor: NANANG