Selain Danau Paisupok Bangkep, Paisu Matano Airnya Tak Kalah Bening

oleh -
Wisata Permandian Paisu Matano terletak di Desa Kautu Kecamatan Tingankung, Bangkep. Foto: Media.Alkhairaat.ID/Nanang IP

DANAU Paisupok adalah destinasi danau termasyur di Banggai Kepulauan (Bangkep) Sulawesi Tengah (Sulteng). Para pelancong banyak membagikan swafoto mereka di media sosial dengan latar danau yang bening dan pepohonan di sekitar danau. Namun selain danau Paisupok, lagi danau tak kalah cantik.

Adalah Paisu Matano, satu di antara destinasi populer di Sulteng. Destinasi ini menyajikan dua kolam renang besar dan panorama bahari yang eksotik terletak di Desa Kautu Kecamatan Tinangkung, Bangkep.

Kolam renang terlihat seperti kaca bening, membuat siapa pun yang berkunjung ke tempat ini tak sabar akan segera menceburkan diri. Satu kolam utama sebagai penampung mata air yang keluar dari kaki gunung. Dan kolam yang berada di bawa kolam utama akan terasa payau saat air laut pasang.

Warga setempat menyebut Paisu Matano artinya mata air yang keluar dari kaki gunung. Kualitas airnya sangat bening dan jernih. Terkadang para pelancong taksegan meminum air tanpa memasak terlebih dahulu. Karena rasanya segar dan manis, sama dengan air kemasan.

Dua tahun terakhir warga lokal dan wisatawan dari berbagai daerah mulai ramai mengunjungi destinasi ini. Jarak terbilang dekat dari pusat ibu kota Bangkep Salakan. Hanya sekitar 10 menit saja dari Salakan anda sudah tiba.

Dan akses jalan menuju ke wisata ini sangat mudah. Jalan berkelok dan di sisi-sisi jalan anda disuguhkan lanskap pulau-pula kecil dan pengunungan akan memanjakan mata anda dalam perjalanan.

“Jarak tempuh dari pusat kota Salakan, sekitar 10 menit sudah tiba di wisata permandian ini (Paisu Matano), dan setiap hari sabtu dan minggu wisata ini ramai dikunjungi warga lokal dan orang yang berkunjung ke Salakan akan menyempatkan diri ke sini,” kata tokoh pemuda Desa Kautu, Ahmad Bidul, Kamis (16/6) siang.

Ahmad menerangkan, bertamasya di tempat ini cukup membayar retribusi Rp2000 sampai dengan Rp3000 saja. Murah dan sangat terjangkau. Anda tertarik melancong ke Paisu Matano Bangkep?

Nanang IP