PT Vale Beri Layanan Trauma Healing kepada Anak-Anak Korban Bencana di Luwu

oleh -
Kegiatan trauma healing bagi anak-anak korban bencana alam di Luwu. (FOTO: DOK. PT VALE)

LUWU – PT Vale Indonesia Tbk memberikan layanan trauma healing untuk anak-anak korban bencana banjir dan tanah longsor, di Kelurahan Lindajang, Kecamatan Suli Barat, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel), pekan lalu.

Layanan trauma healing dilakukan untuk mengembalikan kondisi mental anak-anak korban bencana agar tidak mengalami trauma. Layanan trauma healing ini berkolaborasi dengan Polres Palopo, mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar.

Trauma healing diisi dengan beberapa kegiatan yang diharapkan dapat menghibur anak-anak korban banjir, seperti bernyanyi, menggambar, mewarnai, bermain estafet sarung, hingga lomba lari kelereng berhadiah.

Pada kesempatan itu, PT Vale memberikan paket makanan sehat untuk ibu hamil dan balita seperti susu, biskuit, abon, vitamin dan makanan sehat lainnya.

Sekretaris Lurah Lindajang, Andi Syahrir, mengucapkan terima kasih kepada PT Vale yang terus memberikan bantuan kepada para korban, mulai dari bantuan logistik hingga trauma healing.

Director External Relations PT Vale Indonesia, Endra Kusuma, mengatakan, trauma healing menjadi bagian dari upaya kecil perseroan untuk menjaga optimisme para generasi masa depan setelah bencana.

“Tujuan utamanya untuk mengembalikan semangat dan keceriaan mereka pascabencana. Kami berharap kehadiran kami ini bisa berdampak positif terhadap mental anak-anak kita pasca bencana ini, khususnya anak-anak perempuan,” ujarnya.

Endra menambahkan, trauma healing ini merupakan kelanjutan dari bantuan tahap kedua tanggap bencana PT Vale, setelah pada tahap pertama Perseroan mengirimkan Tim Emergency Response Group (ERG) untuk membantu evakuasi korban.

Selain sesi trauma healing, PT Vale juga mengirimkan tiga alat berat dan bantuan logistik lanjutan. Alat berat ini akan digunakan dalam tahapan pemulihan pascabencana.

“Ini adalah sebuah misi sosial untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita di Kabupaten Luwu. Kami berangkat atas nama kemanusiaan. Semoga upaya kecil ini bisa membantu proses pemulihan,” kata Endra.

Sebagai bukti komitmen perusahaan untuk berkontribusi dalam tanggap bencana, di bawah koordinasi Tim Gabungan ESDM Siaga Bencana, PT Vale terlibat aktif dalam mengirimkan Tim Tanggap Darurat ke sejumlah titik bencana di tanah air.

Bupati Lutim, Budiman juga mengapresiasi Forkopimda Lutim, PT Vale, dan seluruh pihak yang terlibat atas upaya bersama dalam rangka aksi kemanusiaan ini. Khususnya untuk PT Vale yang membawa alat berat untuk memperbaiki akses ke desa-desa.

Kepedulian PT Vale pada situasi bencana tidak hanya berlangsung selama fase tanggap darurat, tetapi juga hingga rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan. *