PP Banaat Alkhairaat akan Gelar Mukernas Bertema “Peran Perempuan dalam Spirit Moderasi Beragama”

oleh -
Syafiyamilza Randalemba

PALU – Pengurus Pusat (PP) Banaat Alkhairaat akan menggelar musyawarah kerja nasional (mukernas) ke-3 pada tanggal 19-20 April 2024.

Mukernas akan dibuka oleh Ketua Utama Alkhairaat, Habib Sayyid (HS) Alwi bin Saggaf Aljufri, Lc.,MA, di Hotel Swissbel Palu dan jalannya mukernas akan dilanjutkan di Asrama Haji Transit Palu.

Mukernas yang mengusung tema “Peran Perempuan dalam Spirit Moderasi Beragama” ini akan dirangkaian dengan kegiatan dialog publik.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP Banaat Alkhairaat, Syafiyamilza Randalemba, S.HI., MH, Kamis (18/04), mengatakan, peserta yang mengikuti mukernas berasal dari 9 Pengurus Wilayah (PW) Banaat se-Indonesia dan 28 Pengurus Daerah (PD) se-Indonesia.

“Total peserta yang akan mengikuti mukernas berjumlah 150 orang,” ujarnya.

Kata dia, mukernas tersebut bertujuan untuk konsolidasi organisasi Banaat se-Indoneisa, membahas program kerja Banaat Alkhairaat jangka pendek dan jangka panjang dalam menyongsong Indonesia Emas ke depan.

“Sementara dialog publik bertujuan untuk membangkitkan spirit dalam menanamkan nilai komitmen kebangsaan, cinta tanah air, anti kekerasan, toleransi antar sesama penganut beragama dan adaptasi terhadap budaya dan kearifan lokal yang ada di Indonesia,” jelasnya.

Beberapa narasumber yang akan hadir pada kegiatan dialog publik tersebut, antara lain, Ulyas Taha selaku Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Ketua PB Alkhairaat Dr HS. Ali Aljufri, Lc.,MA yang akan membawakan materi “Moderasi Habib Idrus bin Salim Aljufri.

Sedangkan pemateri lainnya adalah Dr Sy. Hj. Mufidah Saggaf Aljufri, Lc.,MA selaku Ketua Umum PP Banaat Alkhairaat dengan materi “Pandangan Fiqih tentang Perempuan dan Moderasi. (RIFAY)