Posisi Sekkab Donggala, Ini Tiga Calon Kuat Pengganti Aidil Noor

oleh
Logo Pemkab Donggala

DONGGALA – Selangkah lagi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala akan memiliki Sekretaris Kabupaten (Sekkab) yang baru pengganti H. Aidil Noor yang telah pensiun sejak 1 Juni lalu.

Rustam Efendi

Saat ini, ada tiga calon yang mengemuka untuk menduduki posisi eselon tertinggi di Pemkab Donggala tersebut. Ketiganya mengemuka setelah mengikuti lelang jabatan yang dilakukan belum lama ini.

Mereka adalah Rustam Efendi (Kepala Bappeda Donggala) dengan nilai 95,80, Sofyan Dg. Malaba (Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Donggala) dengan nilai 94,82 dan Muhammad Yusuf (Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Donggala) dengan nilai 93,66.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya (BKPSD) Kabupaten Donggala, Najamuddin Laganing, Rabu (03/06), mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih menunggu rekomendasi KASN, terkait nama yang akan ditetapkan menjadi Sekkab.

Sofyan Dg. Malaba

“Yang pasti semua proses mulai dari pengumuman lelang sampai penetapan hasil lelang jabatan sudah dikirim ke aplikasi SIJAPTI di KASN,” ungkapnya.

Karena itu, kata dia, seluruh tahapan sudah dilalui dan selangkah lagi akan ada penetapan, sebab semua data yang diminta sudah dikirim dan disetujui. Namun karena adanya pandemi Covid-19, maka pelayanan penandatanganan surat-surat dan dokumen di KASN hanya dibuka dua hari, yaitu Rabu dan Sabtu.

“Insya Allah pada Rabu ini juga tanggal 3 Juni rekomendasi Gubernur Sulawesi Tengah sudah ada tentang calon tersebut,” jelas Najamuddin.

Muhammad Yusuf

Dalam tahapan pelelangan jabatan melalui kompetensi manajerial dan kompetensi sosial dan kulturasi untuk jabatan pimpinan tinggi Pratama Sekda Donggala, semula ada tujuh pejabat yang lolos seleksi awal.

Kemudian pada tahap berikutnya, setelah melalui ujian, akhirnya ditetapkan tiga calon yang namanya diusulkan oleh panitia seleksi. Salah satu dari tiga nama itulah yang akan ditetapkan dan mengisi kekosongan jabatan Sekkab, dalam waktu dekat ini.

Diketahui, Sekkab lama, Aidil Noor memasuki purna bhakti sejak tanggal 1 Juni 2020 setelah menjabat sejak tahun 2013 lalu.

Aidil merintis karir dari staf biasa hingga berjenjang ke beberapa OPD di lingkungan Pemkab Donggala.

Selama itu pula, ia pernah menjabat Kepala Inspektorat Kabupaten Donggala, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Donggala hingga menjadi Sekkab Donggala selama tujuh tahun. (JAMRIN AB)