Plt Wali Kota Usulkan Asrama Haji jadi RS Darurat Covid-19

oleh -

PALU – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said, menghadiri Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di ruang rapat Polibu, Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Senin (28/09).

Rapat yang dipimpin Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola tersebut guna mengambil kebijakan strategis dalam penanganan Covid-19 dan perawatannya.

Dalam kesempatan itu, Sigit mengusulkan agar Asrama Haji Transit Palu yang saat ini menjadi Pondok Perawatan OTG dan ODP, ditingkatkan statusnya menjadi rumah sakit darurat.

“Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang ada di Kota Palu,” katanya.

Ia meminta kepada Gubernur Longki agar menyurat kepada Kanwil Kementerian Agama Sulteng terkait penggunaan asrama haji tersebut.

Ia juga melaporkan bahwa Pemerintah Kota Palu telah membentuk tim Satgas dalam rangka menegakkan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 sesuai Perwali Nomor 19 tahun 2020.

Sementara itu Gubernur Longki berharap agar pemerintah daerah mengarantina pasien positif pada suatu tempat yang telah ditentukan, karena kondisi penularan saat ini banyak terjadi kepada keluarga terdekat.

Reporter : Hamid

Editor : Rifay