PLN UP3 Area Palu Jaga Kehandalan Listrik Saat Voting Day Pemilu 2024

oleh -
Manajer UP3 PLN Area Palu, Yanuar. (FOTO: media.alkhairaat.id/Hamid)

PALU – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Area Palu menjaga kehandalan listrik saat pelaksanaan hari pemungutan suara atau voting day Pemilu 2024, tanggal 14 Februari.

Manejer UP3 PT PLN Area Palu, Yanuar, kepada media ini, Senin (19/02), mengatakan, pihaknya secara internal telah melakukan upaya kesiapan menjelang Pemilu 2024.

“Petugas kita siagakan dan stand by dalam rangka mengantisipasi jika ada kendala di lapangan,” kata Yanuar.

Menurutnya, salah satu yang menjadi penyebab terganggunya jaringan listrik adalah cuaca. Namun, kata dia, walaupun beberapa kali terjadi angin kencang, namun tidaklah mengakibatkan terganggunya jaringan listrik.

Namun ia sendiri mengakui, terjadinya pemadaman secara bergilir beberapa bulan yang lalu, juga disebabkan karena cuaca.

“Terjadi pemadaman bergilir yang lalu itu karena cuaca juga (el nino) yang menyebabkan berkurangnya debit air Danau Poso sebagai pembangkit di PLTA Sulewana,” terangnya.

Namun saat ini, kata dia, kondisi listrik sudah mulai normal dengan masuknya daya dari sejumlah lokasi yang merupakan pemasok dalam memperkuat sistem interkoneksi yang saat ini digunakan oleh PLN.

“2024 ini kita telah mengalami penambahan daya sebesar 2 kali 50 MW yang masuk dari sistem Palu, berasal dari Pantai Barat Kabupaten Donggala,” ujarnya.

Selain itu, kata Yanuar, ada pula penambahan daya yang bersumber dari Makassar sebesar 200 MW sehingga total daya yang masuk sebesar 300 MW.

Reporter : Hamid
Editor : Rifay