PKB Dorong Kades di Parimo Tingkatkan Integritas

oleh -
Ketua Komisi Satu DPRD Parimo, Sukiman Tahir. (FOTO : IST)

PARIMO – Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mendorong seluruh kepala desa (Kades) meningkatkan integritas, untuk menghindari terjadi penyimpangan pengelolaan Dana Desa (DD).

“Integritas oknum Kades perlu ditingkatkan, agar tidak melakukan pelanggaran dalam melaksanakan tugas-tugasnya,” ucap Anggota Fraksi PKB Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Parimo, Sukirman Tahir, ditemui usai Rapat dengar pendapat, Senin (22/11).

Ia menjelaskan, untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan DD, maka perlu memahami kembali regulasi yang ada, sehingga tidak terjadi kesalahan yang sampai berurusan dengan aparat penegak hukum. Kata dia, meskipun pengawasan dan pendamping desa sangat hebat, namun integritasnya tidak sesuai pastinya akan bermasalah. Sebab, menjadi seorang pemimpin harus memahami tata kelola pemerintahan dan anggaran.

Lebih lanjut, Sukirman mengatakan, apabila para kades tidak memahami dan terperosok, agar bisa berkoodinasi dan belajar kembali regulasi yang telah diberikan oleh pemerintah.

“Saya selaku ketua Komisi satu yang membidangi urusan desa, sangat miris melihat kondisi ini, apalagi belum lama ini ada Kades yang ditetapkan sebagai tersangka,” katanya.

Adanya permasalahan yang terjadi di sejumlah desa, menjadi kewajiban semua pihak untuk mengevaluasi serta mengingatkan para Kades agar mengikuti regulasi dalam pengelolaan DD.

Ia menambahkan, pihaknya dalam waktu dekat, akan melakukan komunikasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, agar ke depan bisa mempertajam pemahaman terkait regulasi.

Reporter : Mawan
Editor : Yamin