Peserta Pilkades Parimo Diimbau Lakukan Edukasi Politik Kepada Warga

oleh -
Kabid Pemdes dan Kelurahan, Agus Salim. (FOTO : media.alkhairaat.id/Mawan)

PARIMO – Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) imbau kepada peserta Pemilihan kepala desa (Pilkades) untuk dapat memberikan edukasi politik kepada masyarakat serta menjunjung tinggi sportifitas guna mewujudkan atmosfer demokrasi yang aman.

“Untuk mendapatkan simpati masyarakat dan meraup suara, para calon harus dapat memberikan edukasi politik yang baik kepada mereka,” Ungkap Kepala Bidang Pemerintah Desa Dinas PMD Parimo, Agus Salim,  dihubungi  Kamis (23/06).

Ia menjelaskan, tahapan debat kandidat terlaksana beberapa waktu lalu, kini tahapan lanjutan yakni pendistribusian surat suara ke 97 desa yang melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2022 sedang berproses.

Ia berharap, esensi Pilkades pada hari pemilihan nanti tidak tercederai dengan tindakan-tindakan yang seharusnya tidak terjadi, sehingga dibutuhkan kerja sama semua pihak dalam menjaga serta mewujudkan pemilihan aman dan damai.

“Perbedaan hal yang wajar, namun perbedaan itu jangan dijadikan sebagai alat untuk memprovokasi maupun melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan aturan,” jelasnya.

Ia juga mengingatkan, Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) sebagai petugas penyelenggara mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten harus mempertahankan integritas dan bersikap netral, dampak keberpihakan dapat mencoreng nama baik penyelenggara maupun Pemerintah Daerah (Daerah) sebagai fasilitator.

Ia menambhakan, penyelenggaraan yang berjalan sesuai prosedur tentu memberikan dampak positif terhadap demokrasi, meskipun dinilai masih ada potensi gugatan.

“Harapannya masyarakat antusias berpartisipasi dalam pemilihan ditetapkan 27 Juni 2022 untuk mengisi periode 2022-2027,” pungkasnya.

Reporter : Mawan
Editor : Yamin