Permohonan Paspor Menurun

oleh -
Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu, saat sosialisasi tentang Pelayanan Keimigrasian. (FOTO: IST)

PARIMO – Permohonan pembuatan paspor berwisata di luar negeri dan umroh tahun ini, di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu mengalami penurunan. .

Hal itu, disampaikan pihak Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu, saat  sosialisasi tentang Pelayanan Keimigrasian pada Masa Pandemi Covid-19, di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo). Selasa (09/11).

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Danil Rachman mengatakan, adanya pandemi yang mengharuskan orang mengurangi pergerakan perjalanan orang baik dalam Negeri maupun luar Negeri sehingga penerimaan Negara tentang pajak berkurang.

“Sebelum adanya covid permohonan pembuatan paspor meningkat, sehingga berdampak pada pendapat atas pajak juga ikut meningkat,” ungkapnya.

Ia mengaku, hal ini menjadi masalah karena dengan usaha bersama dapat mengurangi tempo melakukan perjalanan, dan itu adalah usaha berbagai pihak untuk menekan penyebaran virus saat ini.

“Kita berharap dengan upaya menekan penyebaran Covid-19, khususnya di Kabupaten Parimo, dapat menurunkan level PPKM ke level yang paling rendah lagi,” Harapnya.

Kata Danil, Dengan adanya beberapa aturan dalam melakukan pelayanan keimigrasian pada masa pandemi Covid-19 bukan halangan bagi Kantor Imigrasi Palu untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Perlu adanya sosialisasi pelayanan Keimigrasian pada kondisi saat ini,” tutupnya.

Reporter : Mawan
Editor : Yamin