Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2023 di Sulteng: Bersatu dalam Aksi Mencapai SDGs

oleh -

PALU – Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Ma’mun Amir, merayakan Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) dengan tema “Bersatu dalam Aksi Menyelamatkan dan Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/SDGs.” Acara ini merupakan bentuk pengakuan terhadap eksistensi penyandang disabilitas dan komitmen bersama untuk membangun kepedulian.

“Pada Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2023 dengan tema ‘Bersatu dalam Aksi Menyelamatkan dan Mencapai SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan)’ di Halaman Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Sulteng, Sabtu, 9 Desember, saya menyambut baik dan mengapresiasi peringatan HDI di tingkat Provinsi Sulteng,” ujar Wagub Sulteng Ma’mun Amir.

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama Dinas Pendidikan Provinsi Sulteng, Dinas Sosial Provinsi Sulteng, BPJS Kesehatan, dan Komunitas Disabilitas Provinsi Sulteng.

Menurutnya, tema yang diangkat pada Peringatan HDI Tahun 2023 mencerminkan semangat untuk berjuang bersama-sama dalam upaya mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dan berkomitmen atas pelaksanaan kegiatan ini,” ujarnya.

Wagub juga mengingatkan bahwa penyandang disabilitas bukanlah penerima belas kasihan atau tanggungan sosial, melainkan individu yang memiliki potensi dan kontribusi berharga bagi masyarakat.

Untuk itu, Wagub berharap kegiatan ini dapat menjadi acuan dan inspirasi bagi desain program kebijakan pembangunan disabilitas yang inklusif, sesuai dengan visi dan misi “Gerak Cepat Menuju Sulawesi Tengah Lebih Sejahtera dan Lebih Maju.”

Sebelumnya, Kadis Pendidikan Provinsi Sulteng, Yudiawati, menjelaskan bahwa setiap tanggal 3 Desember, seluruh dunia memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI).

Yudiawati menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap hak-hak, tantangan, dan potensi penyandang Disabilitas, menekankan pentingnya kesetaraan dan penghargaan terhadap keberagaman.

Selanjutnya, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberdayakan dan memberikan dukungan kepada komunitas penyandang Disabilitas serta mendorong partisipasi penuh dalam kehidupan masyarakat. Di akhir acara, diselenggarakan penyerahan bantuan kepada penyandang Disabilitas berupa kursi roda, kaki palsu, tongkat, dan bantuan uang untuk kebutuhan pangan.

Turut hadir dalam acara ini adalah Kepala OPD Lingkup Pemprov. Sulteng, Kepala BPJS Cabang Palu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palu, Ketua Basnaz Provinsi Sulteng, Kepala Kantor Pos Cabang Palu, Organisasi Penyandang Disabilitas Provinsi Sulteng, Kepala Sekolah, Guru, dan Mitra Kerja.

Reporter: IRMA
Editor: NANANG