Penyaluran Bertahap, 391 KK di Poso Pesisir Mulai Terima BLT-DD

oleh -
Suasana penyaluran BLT-DD di Desa Tiwaa, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Senin (11/05). (FOTO: MANSUR)

POSO – Sebanyak 391 Kepala Keluarga (KK) di empat desa di Kecamatan Poso Pesisir, mulai menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD), mulai Senin (11/05).

Ke-391 KK warga miskin yang terdampak virus corona atau Covid-19 tersebut, tersebar di Desa Saatu sebanyak 60 KK, Desa Betania 56 KK, Desa Lape 136 KK dan Desa Tiwaa sebanyak 139 KK.

Bupati Poso, Darmin A. Sigilipu, usai memimpin penyerahan BLT-DD, Senin (11/05), mengatakan, proses penyaluran BLT dilakukan secara bertahap dan sudah mulai berlangsung di beberapa kecamatan.

Kehadirannya, kata dia, tidak hanya untuk memantau penyaluran, namun juga melakukan pengawasan serta evaluasi untuk memastikan BLT tersebut berjalan lancar dan tepat sasaran.

Ia berharap, BLT yang telah disalurkan kepada penerima manfaat tersebut telah melalui tahapan verifikasi oleh pemerintah desa setempat agar tepat sasaran.

”Kedatangan saya ini sekaligus memantau kesiapan posko-posko pencegahan Covid -19 yang ada di setiap desa agar tetap berjalan sesuai dengan program pemerintah pusat dan daerah,” ungkap Bupati.

Bupati menjelaskan, dalam setiap kunjungannya, ia selalu meminta kepada aparat desa tau pihak kecamatan agar lebih peka dalam melihat kondisi yang ada, khususnya yang berhubungan dengan penanganan Covid-19.

“Selain penyaluran BLT, saya menghimbau kepada seluruh kades dan camat untuk selalu aktif menyosialisasiskan kepada warga terkait tata cara pencegahan serta penanggulangan  wabah Covid-19,” ujarnya.

Menurutnya, Dana Desa yang dialokasikan untuk BLT tersebut adalah maksimal 35 persen  dari jumlah pagu anggaran.

Penyalurannya sendiri mengacu pada Surat Edaran (SE) Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (Mendes-PDT) yang dikuatkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 40/PMK.07/2020 tentang pengelolaaan Dana Desa.

Selain Kecamatan Poso Pesisir, penyaluran BLT-DD tersebut juga telah dilakukan di beberapa wilayah, seperti Kecamatan Lage dan Poso Kota Selatan.

Selanjutnya, penyaluran BLT tersebut akan terus dilakukan secara bertahap dan merata untuk di seluruh desa/kelurahan yang tersebar di 19 kecamatan di Kabupaten Poso. (MANSUR)