Pengurus PW-HPA Malut Resmi Dikukuhkan

oleh -300 Kali Dilihat
Pengurus Wilayah Himpunan Pemuda Alkhairaat (PP-HPA) Provinsi Maluku Utara (Malut) Periode 2021 - 2024 dilantik secara resmi oleh, Habib Hasan bin Idrus Alhabsy sebagai pembina HPA, di Asrama Haji Ternate, Ahad (14/03) (FOTO : IST).

TERNATE – Pengurus Wilayah Himpunan Pemuda Alkhairaat (PP-HPA) Provinsi Maluku Utara (Malut) Periode 2021 – 2024 dilantik secara resmi oleh, Habib Hasan bin Idrus Alhabsy sebagai pembina HPA, di Asrama Haji Ternate, Ahad (14/03).

PW- HPA Provinsi Malut yang diketuai Halid Alkatiri akan memiliki tugas dan tanggungjawab membentuk Pengurus Daerah (PD-HPA) kabupaten/kota.

Hadir dalam acara tersebut, Sekda Provinsi Malut, Komwil Alkhairaat Provinsi Malut, H.Nasrun Abdul Jabir, Forkopimda Malut dan tokoh masyarakat setempat.

Sekda Provinsi Malut yang membuka acara tersebut mengatakan, HPA merupakan Badan otonom (Banom) yang membantu, menghimpun dan menguangkan potensi, serta memberdayakan pemuda di lingkungan Alkhairaat.

“kita ketahui bahwa fungsi HPA adalah mengembangkan dan membina kualitas generasi muda Islam, mengorganisasikan peranan generasi muda dalam mengembangkan syiar Islam serta memecahkan masalah-masalah kemasyarakatan,” kata Sekda.

Sementara Habib Hasan Idrus Alhabsy menyatakan, HPA merupakan lembaga otonom yang memiliki tugas dan tanggungjawab dalam membantu PB Alkhairaat, berdasarkan apa yang menjadi visi misi Guru Tua sebagai pendiri Alkhairaat.

Kata dia, pemuda yang terhimpun dalam PW-HPA Provinsi Malut juga harus memiliki kemauan, serta kemampuan dalam pengembangan diri.

“Olehnya, pemuda jangan malas dan cuma tidur, sebab pemuda itu sudah menjadi catatan dalam ajaran agama Islam memiliki derajat yang tinggi, tentunya pemuda harus memiliki motivasi,” pesannya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Komwil Alkhairaat Provinsi Malut, Nasrun juga berharap, PW-HPA Malut bisa menjadi contoh dan membangun keharmonisan dalam kondisi apapun. Namun juga tetap kritis dalam melihat hal hal yang bertentangan dengan keumatan.

“Terpenting adalah adab, karena bila seorang pemuda tidak memiliki adab, maka perlu dipertanyakan,” cetusnya.

Sekjen PP HPA, Taufik Lasenggo juga berpesan agar, PW-HPA harus menjadi tanggungjawab amanah yang diberikan, serta tetap melakukan kordinasi dengan Komwil Alkhairaat dalam setiap kegiatan yang dilakukan.

Reporter : Hady
Editor : Yamin