Pemkot Palu Sandang Predikat B SAKIP Tahun 2022

oleh -
Ahmad Rijal Arma,

PALU – Kota Palu memperoleh peringkat B pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP). Hasil tersebut berdasarkan pengumuman resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Selasa kemarin.

Kabag Ortal, Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palu, Dr Ahmad Rijal Arma, Rabu (06/04), menyebutkan, bahwa hasil tersebut merupakan proses evaluasi akuntabilitas dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah provinsi, kabupaten dan kota tahun 2021 yang telah rampung dilakukan oleh Kemenpan RB melalui kegiatan SAKIP dan RB Award 2021.

Selain Kota Palu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng juga memperoleh nilai B pada SAKIP dan Reformasi Birokrasi (RB) Tahun 2021.

Sementara 12 kabupaten dan satu kota memperoleh peringkat yang beragam. Nilai yang dicapai Kota Palu juga sama yang dicapai oleh Kabupaten Poso.

Morowali dan Morowali Utara sama-sama memperoleh nilai C. Parigi Moutong dan Tolitoli memperoleh nilai yang sama yaitu B (SAKIP) dan CC (RB).

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid, menyampaikan, hasil tersebut hendaknya menjadi pemacu dan penyemangat agar ke depannya Kota Palu bisa meraih nilai A baik pada SAKIP dan RB.

Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Erwan Agus Purwanto menyampaikan, pada tahun 2021, evaluasi telah dilakukan terhadap 79 Kementerian/Lembaga, 34 Pemerintah Provinsi untuk SAKIP dan RB serta 494 Kabupaten/Kota untuk SAKIP dan 441 Kabupaten/Kota untuk RB. Dengan total sampel evaluasi mencapai 22.000 unit.

Hasil dari evaluasi tersebut adalah terjadi peningkatan rata-rata nilai SAKIP yaitu pada tingkat Kementerian/Lembaga menjadi 71,30 dari sebelumnya 70,75. Pada Pemerintah Provinsi menjadi 70,88 dari sebelumnya 70,02 dan pada Pemerintah Kabupaten/Kota menjadi 61,60 dari sebelumnya 60,68.

Dengan kenaikan predikat itulah, pada tahun 2021 menghasilkan pencapaian 1 Pemerintah Provinsi dengan predikat AA, 16 Pemerintah daerah dengan predikat A, 63 Pemerintah daerah dengan predikat BB, 293 pemerintah daerah dengan predikat B dan masih menyisakan 155 Pemerintah Kabupaten/Kota dengan predikat CC dan C yang mana ini tentunya masih memerlukan pembinaan secara lebih intensif.

Reporter : Hamid
Editor : Rifay