Pemerintah Launching Sejumlah Aplikasi

oleh -95 Kali Dilihat

PALU – Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny A. Lamadjido mengikuti launching sinergitas pengelolaan bersama MCP serta Rakorwasdanas Tahun 2021 secara virtual, dari ruang rapat Bappeda Kota Palu, Selasa (31/08).

Turut hadir mendampingi Wawali yakni Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Asri L. Sawayah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Arfan, dan pejabat lainnya.

Kegiatan ini berlangsung selama beberapa sesi. Sesi pertama dimulai dengan launching pengelolaan bersama MCP oleh Kemendagri, KPK dan BPKP.

Sesi kedua launching Aplikasi Sistem Informasi Pengawasan Inspektorat Jenderal (Siwasiat), sebuah aplikasi untuk memenuhi kebutuhan pengawasan di era digitalisasi pemerintahan saat ini.

Sesi berikutnya berupa penyerahan apresiasi piagam penghargaan kepada 10 pemerintah provinsi yang l tepat waktu menindaklanjuti pengawasan Inspektorat Jenderal Kemendagri sesuai dengan pasal 27 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 12 Tahun 2017.

Diketahui, pengelolaan Monitoring Centre for Prevention (MCP) lebih menekankan terhadap langkah pencegahan korupsi di daerah, sehingga ada delapan indikator progres keberhasilan daerah dalam upaya pencegahan korupsi, yakni perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu satu pintu, Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) atau Inspektorat, manajemen ASN, optimalisasi pajak daerah, manajemen aset daerah, dan tata kelola dana desa.

Ada beberapa hal yang diharapkan melalui pelaksanaan kegiatan kali ini, yaitu terbangunnya komitmen tingkat pusat dan pemerintah daerah dalam pelaksanaan aksi pencegahan korupsi yang dilaporkan melalui MCP.

Kemudian, diharapkan meningkatnya awarness kepala daerah terhadap peran dan fungsi APIP dalam melakukan pengawasan penyelenggaraan, sehingga dapat terbangun kesamaan persepsi terhadap kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah dalam pengelolaan keuangan daerah di masa Pandemi Covid-19 serta fokus sasaran pengawasan penganggaran pemda.

Reporter : Hamid

Editor : Rifay