Pemda Sigi dan UNISA Perpanjang Kerja Sama, Beasiswa Kuliah di FKIP dan Fakultas Kedokteran

oleh -
Penandatangana MoU Pemerintah Daerah Sigi dan Universitas Alkhairaat (UNISA) Palu, untuk beasiswa belajar di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Kedokteran (FK), pada Senin (1/8). FOTO: IST

SIGI – Pemerintah Kabupaten Sigi, menandatangani perpanjangan kerja sama dengan Universitas Alkhairaat (UNISA) Palu di Kantor Bupati Sigi Desa Kota Pulu, Kecamatan Dolo, Senin (01/08).

Perpanjangan kerja sama dengan UNISA itu, dalam bidang pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat, telah berjalan sejak tahun 2017.

Bupati Sigi Mohamad Irwan mengatakan, kerja sama ini merupakan salah satu upaya untuk mengoptimalkan implementasi visi dan misi Pemda Sigi pada bidang pembangunan manusia.

Melalui kerja sama ini nantinya, Pemda Sigi dapat meningkatkan sumber daya manusia para guru, generasi muda, untuk mengenyam pendidikan strata satu di Fakuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unisa Palu. Selain itu, untuk mengoptimalkan program satu kecamatan satu dokter. Melalui Fakultas Kedokteran UNISA, akan memberikan akses pendidikan bagi generasi muda Sigi untuk menjadi dokter.

“Hal ini penting dilakukan, karena di wilayah-wilayah terpencil di Sigi, sangat kekurangan guru dan kekurangan dokter,” ucapnya.

Kerja sama yang sudah berjalan selama ini kata Rektor, berupa pemberian beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu untuk berkuliah di UNISA, khususnya di FKIP.

“Inti dari MOU ini adalah, perpanjangan, karena sebelumnya kerja sama Pemda Sigi dan UNISA sudah berjalan sejak tahun 2017,” kata Rektor UNISA, Dr. Umar Alatas.

Tahun 2022 ini lanjut Umar, Pemda Sigi mengalokasikan anggaran, di bawah kepemimpinan Mohammad Irwan, untuk mahasiswa yang kuliah di Fakultas Kedokteran dan FKIP UNISA.

Hal ini melalui program Sigi Masagena, bidang pendidikan dan kesehatan, sebagai implementasi dari program Sigi Masagena yakni, satu kecamatan satu dokter.

Wakil Rektor bidang Akademik, Dr. Fachrudin menambahkan, kerja sama dalam bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat tersebut, juga membuka ruang bagi dosen untuk melakukan aktifitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat di wilayah Sigi.

“Kerja sama ini juga membuka peluang besar bagi dosen bahkan mahasiswa yang melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat di wilayah kabupaten Sigi,” pungkasnya.

Reporter: Hady
Editor: Nanang