Pantoloan Boya Juara 1 Kelurahan Inovatif 2023

oleh -
FOTO: HUMAS PEMKOT PALU

PALU – Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Irmayanti Pettalolo, menyerahkan hadiah kepada para pemenang Lomba Kelurahan Inovasi Tingkat Masyarakat se-Kota Palu tahun 2023, Kamis (21/12).

Juara I berhasil diraih oleh Yemitra, dari Kelurahan Pantoloan Boya dengan inovasi “Manfaat Sabut Kelapa sebagai Pewarna Batik Kelor” dengan hadiah sebesar Rp10 juta.

Juara II Samsumarlin, dari Kelurahan Talise dengan inovasi “Teknik Pendingin Sederhana Ripening Buah Pisang Cavendish Berwarna Kuning Cerah Masak Sempurna” dengan hadiah sebesar Rp7,5 juta.

Sedangkan juara III diraih oleh Sabdin, dari Kelurahan Talise Valangguni dengan inovasi “Pengolahan Daun Kelor menjadi Bahan Kosmetik Berupa Sabun Kelor untuk Kecantikan Kulit” dengan hadiah sebesar Rp5 juta.

Irmayanti Pettalolo mengatakan, sejak tahun 2022 lalu, pemerintah daerah khususnya OPD, sekretariat, serta kecamatan dan kelurahan, dituntut untuk terus melakukan inovasi.

Inovasi ini dilakukan dalam upaya mempercepat pelayanan-pelayanan yang harus dilakukan Pemerintah Kota Palu kepada masyarakat.

“Kami melihat, sejak tahun 2022 sampai 2023 cukup banyak inovasi yang dilakukan oleh OPD maupun masyarakat. Tetapi ini tidak cukup dan tidak boleh berhenti di sini,” kata Sekkot.

Lanjut dia, saat ini memasuki pemerintahan yang berbasis elektronik, sehingga layanan-layanan itu harus cepat dan mudah diakses oleh masyarakat.

Diharapkan inovasi yang dilakukan hari ini akan terus dikembangkan, dan banyak lagi OPD, kecamatan, dan kelurahan yang akan berkreatif melahirkan inovasi-inovasi baru.

Lanjut Sekkot menambahkan, belum lama ini Pemerintah Kota Palu menerima penghargaan dari Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura sebagai Kota Terinovatif se-Sulawesi Tengah.

“Ini merupakan wujud penghargaan yang diberikan, bahwa di antara daerah lainnya, kita yang terinovatif,” kata dia

Reporter : Hamid/Editor : Rifay