Mudahkan Penyaluran Zakat, ACT Palu kembali Terapkan Layanan Jemput Zakat

oleh -
Kegiatan jemput zakat yang dilakukan ACT Palu. (FOTO: IST)

PALU – Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Palu kembali menerapkan layanan jemput zakat, pada Ramadahan 1443 H/ tahun 2022 ini. Layanan ini untuk memudahkan masyarakat muslim dalam menyalurkan zakat fitranya.

“Sekarang masyarakat Kota Palu bisa langsung menyalurkan zakat melalui Lembaga Amil Swasta yang dikelola ACT Palu dengan cara dijemput atau datang langsung ke kantor ACT Palu di Jalan Rajawali Nomor 3A. Ini adalah tahun ketiga kami melakukan layanan jemput zakat,” jelas Kepala Cabang ACT Palu, Nana Achdar, Selasa (19/04).

Kata dia, pengelolaan zakat itu sendiri langsung ke mitra ACT, yakni Global Zakat. ACT sendiri mengelola zakat seperti pada umumnya yaitu lembaga pemerintah.

Menurutnya, layanan jemput zakat tersebut dilakukan karena mengingat kesibukan masyarakat di Bulan Ramadhan. Selan zakat fitra, kata dia, ACT Palu juga menghimpun zakat mal, zakat fidya dan beberapa hal yang berkaitan dengan zakat.

“Untuk zakat fidya kita ambil harga minimal Rp25 ribu, zakat fitra Rp45 ribu, zakat mal atau profesinya sesuai ketentuan nisab atau setara dengan 85 gram emas. Besaran zakat ini berdasarkan ketentuan Global Zakat selaku mitra ACT,” jelasnya.

Seperti tahun-tahun kemarin, ACT Palu nantinya akan menyalurkan zakat sesuai data yang sudah didapatkan dari tim yang khusus bertugas di lapangan. ***