Memaknai Lima Kalimat pada Pedang Rasullullah SAW

oleh
Pedang Zulfikar milik Rasulullah SAW.

Ada lima pesan moral yang  tertulis dipedang milik Rasulullah SAW yang biasa digunakan Baginda di medan jihad. Lima pesan moral yang tersirat dari tulisan di pegang Rasullullah itu  mengandung makna yang mendalam dalam kehidupan sosial masyaraka kita saat ini,

Dr. H. Abdul Gafar Mallo

Dekan Fakultas Agama Islam (FAI), Universitas Alkhairaat (Unisa), Dr. H. Abdul Gafar Mallo, saat mengisi tausyiah halal bi halal virtual keluarga besar Unisa, Rabu (27/05), mengatakan, lima  pesan yang tersirat dari kalimat yang tertulis di pedang Rasullullah itu, yakni maafkanlah orang-orang yang berbuat zalim kepadamu, hubungkanlah silaturahim terhadap orang-orang yang memutuskanmu.

Mantan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan di era Rektor Dr. Lukman S. Thahir itu melanjutkan, makna lainnya adalah berbuat baiklah kepada orang yang telah berbuat buruk kepadamu serta katakanlah yang benar walau terhadap dirimu sendiri.

“Yang terakhir, janganlah berkata tentang sesuatu yang engkau sendiri tidak menyukainya. Bila hal yang sama dikembalikan kepadamu, kalau kita tidak mau dikatai sesuatu yang tidak baik oleh orang lain kepada diri kita, maka kita jangan mengatakan hal yang sama pada orang lain,” kata Ustadz Gafar. (IWANLAKI)

Iklan-Paramitha